Istilah Penyesuaian Kontrak Karya Salah Kaprah Buat Posisi Pemerintah Lebih Rendah
Marwan Batubara (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Istilah renegosiasi bagi perusahaan Kontrak Karya (KK) yang dinilai tidak tepat menurut Ketua Panja RUU Pertambangan,Mineral dan Batubara Sonny Keraf beberapa hari lalu mendapat pernyataan serupa dari Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies, Marwan Batubara.

Marwan menilai istilah renegosiasi adalah salah kaprah sehingga seolah-olah ada yang ditawarkan oleh Indonesia terhadap perusahaan KK.

"Jadi judul renegosiasi itu saya kira juga tidak tepat, tapi yang saya lihat juga maksudnya sebenarnya menyesuaikan jadi salah milih istilah padahal sebenarnya agar semua tunduk kepada UU Minerba, itu ide dasarnya. Tapi,  karena menggunakan istilah renegosiasi posisi pemerintah bisa lebih rendah, tidak terlalu kuat di sisi lain kontraktor itu memanfaatkan," ucap Marwan saat ditemui Seruu.com, Kamis (26/7/12) lalu.

Marwan menyayangkan, bila ini dinyatakan sebagai renegosiasi artinya ini bisa saja berbeda dari yang ditentukan oleh UU. Hal ini karena sudah salah kaprahnya istilah, namun Ia meminta pada pemerintah agar mengesampingkan istilah ini dan yang terpenting apa yang sudah diatur dalam UU Minerba harus semua diterapkan kepada kontrak-kontrak tersebut.

"Karena sudah terlanjur dipakai istilah itu, istilah itu kita kesampingkan yang penting prinsipnya apa yang diatur dalam UU semua harus diterapkan kepada kontrak-kontrak yang ada sekarang, apakah itu kontrak karya atau kontrak PKP2B," pungkasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU