Marwan Batubara: Pemerintah Harus Dominan Dalam Kepemilikan Tambang!
Marwan Batubara (Foto:Ain/ Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Kelemahan pemerintah yang lunak terhadap Kontrak Karya sudah jelas bahwa mereka orang-orang yang takut mencari jalan, dan argumentasi untuk menjustifikasi sikap yang merugikan, dan apa yang dilakukan oleh pemerintah memang mencari celah untuk justifikasi ketidakmampuan mereka. Seperti diungkapkan Marwan Batubara (27/7/2012), pemerintah Indonesia tidak mampu menghadapi tekanan asing, dan tidak mampu menghadapi aspirasi rakyat.

"Yang dilakukan adalah jalan mencari jalan supaya ketidakmampuan itu dimaafkan sehingga ujungnya yang diuntungkan adalah asing", tegas Marwan.

Kontrak Karya memang berakhir 2041, namun Marwan mengungkapkan perlu adanya endorcement mengajukan perpanjangan dan ini memang satu hal yang terpisah dari yang diperintahkan UU.

"Syarat perpanjangan, sepanjang tidak ada perubahan UU dan kebijakan dari pemerintah misalnya ada PP atau Kepres yang baru atau dekrit Presiden semuanya harus mengacu pada perubahan aturan, sepanjang itu tidak ada aturan apa yang sudah ditetapkan dalam UU yang ada sekarang berikut PP turunannya dan Kepmen dibawahnya itulah yang menjadi acuan".

Yang terpenting bagi Marwan bagaimana pemerintah sebagai pemilik tambang ini lebih dominan, dan itu sebabnya ada program divestasi supaya saham asing tinggal 49% dan 51% harus dipunyai nasional yang mestinya BUMN bukan terbalik yang dominan swasta atau swasta nasional.

"Kalau sudah seperti itu pasti kita rela perpanjang sampai kapanpun silahkan toh nanti dominasi nasional sudah ada disana sehingga penting sekali ini point divestasi disepakati oleh kontraktor. Yang penting lagi soal wilayah bilang maksimum 100.000 untuk ekplorasi dan untuk eksploitasi 25000 udah itu harus diikuti jangan ada pengecualian", tutupnya. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU