Menkeu Mengaku Hormati Putusan MK Namun Sebut Kepentingan Negara Tidak Terlaksana
Menteri Keuangan, Agus Martowardojo (Foto : Aini/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Keputusan sidang Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan pemerintah pusat atas permasalahan kewajiban pemerintah untuk meminta persetujuan DPR dalam divestasi 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) mendapat pengakuan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, tak hanya itu ia juga menyatakan menghormati keputusan MK tersebut.


" Keputusan MK tentu kita hormati,  terlihat dari keputusan 9 hakim yang ada itu 4 menyatakan dissenting opinion dan menyimak bahwa dissenting opinion nya baik sekali. Kalau yang tadi kelihatan memang permohonan kami tidak dikabulkan, tapi untuk menyampaikan pandangan kami perlu waktu substansinya dari hakim yang menyampaikan dissenting tersebut", ujar Agus Marto (31/7/12).


Dalam menanggapi keputusan sidang MK tersebut Menkeu menyatakan akan mempelajari hasil putusan tersebut lalu mengambil langkah lebih lanjut terkait dengan perjanjian jual beli yang telah disepakati antara pemerintah dan PT NNT.


Namun dengan adanya keputusan ini dengan adanya putusan ini, menurutnya kepentingan negara tidak berhasil diwujudkan karena pemerintah tidak dapat melakukan divestasi yang telah diputuskan dalam kontrak karya.


"Dari sisi kami di negara-negara lain begitu aktif melakukan investasi dan bukan penyertaan modal pemerintah, bahkan negara itu melakukan invest sampai luar negeri bahwa negara semakin kuat. Ternyata di negara kita melakukan investasi sekalipun sudah jelas di dalam kontrak karya merupakan hak dari negara untuk dapatkan divestasi itu belum bisa perolehnya".


Mahkamah Konstitusi (MK) tadi siang telah memutuskan, pembelian 7% saham divestasi PT NNT adalah kewenangan konstitusional pemohon dalam menjalankan pemerintahan negara yang hanya dapat dilakukan dengan persetujuan DPR melalui mekanisme UU APBN atau persetujuan secara spesifik. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU