Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Juga LPG Selama Puasa dan Lebaran
VP and Communication Pertamina Ali Mundakir (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)
Kami berharap mudik bisa aman dan lancar tidak ada kendala atau tidak menemukan BBM atau LPG. Kami selalu melakukan effort untuk sediakan BBM - Ali Mundakir

Jakarta, Seruu.com - Pertamina sebagai  pengemban amanat Public Service Obligation pastikan ketersediaan BBM dan LPG aman dan tanpa kendala sehingga konsumen tetap bisa mudik dengan aman dan lancar saat lebaran. Vice President and Communication Pertamina Ali Mundakir menegaskan bahwa pihaknya berusaha keras memenuhi kebutuhan BBM selama bulan puasa ini.

"Kami berharap mudik bisa aman dan lancar tidak ada kendala atau tidak menemukan BBM  atau LPG. Kami selalu melakukan effort untuk  sediakan BBM," ungkap Ali kepada Seruu.com, Kamis (2/8/12) kemarin.

Pertamina mencatat selama bulan ramadan ini premium dan LPG tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari hari biasa. Premium diperkirakan selama 1 bulan setelah puasa dan H+15 setelah lebaran baru akan mengalami kenaikan 3,3% yang biasanya dari 71 ribu KL/hari menjadi 75 ribu KL/hari.

"Yang unik malah solar dari 81 ribu KL/hari selama puasa turun jadi 76 ribu karena truck angkutan barang banyak yang nggak beroperasi, yang pasti kenaikan rata-rata selama bulan puasa sampai lebaran ini 3,3%," terangnya.

Ali Mundakir menambahkan untuk pola konsumsi harian BBM, pada minggu pertama ramadhan kemarin konsumsi turun sampai 5%. Dan diperkirakan puncak konsumsi minggu kedua bulan puasa.

"H-5 lebaran kita perkirakan naik 30% tapi konsumsi ini akan turun pada H+3 sampai h+14,  kita rata-ratakan menjadi 3,3% yang penting level ketahanan stock kita jaga pada level 18 hari, kemudian solar 18 hari, dan untuk aftur kita jaga di level 20 hari karena mudik pesawat juga banyak. Dari 8 ribu KL tahun lalu, tahun ini menjadi 13 ribu KL karena jumlah airlines juga meningkat," jelasnya.

Dengan turunnya trend minyak dunia pertamax yang mengikuti harga minyak dunia diperkirakan akan turun namun Ali belum bisa memperkirakan beberapa hari kedepan. Karena tergantung supply demand minyak dunia.

"Kalau stock pertamax dengan tingkat  konsumsi sekarang yang sekitar 4 ribu KL  ketahanan stock kita 45 hari kalau ini naik konsumsinya 50% saja atau 2 kali-nya ketahanan stocknya masih sangat tinggi, kita sarankan masyarakat mampu pakai pertamax lah," tandasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU