Maruarar Siahaan: Tidak Pentimg Istilah Renegosiasi atau Penyesuaian Yang Penting Hasilnya dari Kontrak Karya
Mantan hakim MK, Maruarar Siahaan (Istimewa)
Bisa saja Freeport mengiyakan tapi yang royalti dan dia minta diturunkan pajak, itu kan namanya tidak proporsional - Maruarar Siahaan

Jakarta, Seruu.com -  Renegoisasi KK yang diatur dalam UU Minerba pasal 169 c dengan tegas menyatakan bahwa renegosiasi dilakukan selambatnya 1 tahun setelah UU Minerba diundangkan ternyata baru diimplementasikan pada tahun 2012. Terlebih Kepres tentang pembentukan tim renegosiasi KK baru tebit tahun 2012, hal ini sempat dinilai beberapa pihak bentuk pelanggaran konstitusi.

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Maruarar Siahaan menegaskan aturan renegosiasi pastinya sudah diatur di UU dan tentu harus dilaksanakan, dan bila ini sulit dilakukan bisa saja dari Freeport ada masalah.

"Bisa saja Freeport mengiyakan tapi yang royalti dan dia minta diturunkan pajak, itu kan namanya tidak proporsional, "ujar Maruarar memberikan gambaran saat dihubungi Seruu.com, Jumat (3/8/12).

Maruarar menilai ukuran untuk melihat fair atau tidak perusahaan KK tersebut adalah bagaimana ia menjalankan de best practice di dunia internasional, seperti Freeport bisa menjadi acuan untuk menilai negara mempunyai KK yang adil kepada rakyat.

"Jadi kalau tidak bisa diperbandingkan secara demikian maka KK oleh Freeport, bagaimana  cara berhitung yang adil dan semua masyarakat juga tahu seperti apa Freepoert," tambahnya.

Disinggung mengenai istilah penyesuaian yang diungkapkan Ketua Panja RUU, Sonny Kerraf,  Maruarar berkata ini bukanlah tentang istilah, karena tidak relevan untuk mencari bahasa dan yang terpenting hasil bukan dari renegosiasi bukan istilahnya.

"Substansinya apa sih. Setiap penyesuaian harus lewat negosiasi ulang kan, buktinya mereka tidak sesuai malah cari jalan lain. Itu hanya suatu istilah, harusnya renegosiasi kalau semua mencoba menyepakati ulang, syarat-syarat kontrak, karena kontrak di dunia manapun kesepakatan yang dicapai dengan dialog atau negosiasi," pungkasnya. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU