Motor dan Aki Mobil Listrik Tahun Depan Sudah Diproduksi Dalam Negeri
Menteri BUMN, Dahlan Iskan (Foto: Ain/Seruu.com)
Akinya diproduksi dalam negeri April tahun depan. Ini tidak sulit karena pabrik aki terbesar, produksi aki lithium yang namanya permanent magnetik motor, untuk keperluan industri mulai bisa diproduksi tahun depan. Karena kita merancang mobil listrik komponen utama, saya tunjuk Pindad buat permanent magnetic motor, dan sudah berfungsi baik - Dahlan iskan

Jakarta, Seruu.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan sangat berharap mobil listrik nantinya akan menjadi mobil nasional yang dibuat dalam negeri. Meskipun awalnya ada dua hambatan besar yaitu motor dan aki yang harus diimpor dari luar negeri, namun dua masalah ini mulai akan terselesaikan dengan bisa diproduksinya dalam negeri mulai tahun depan.

"Akinya diproduksi dalam negeri April tahun depan. Ini tidak sulit karena pabrik aki terbesar, produksi aki lithium yang namanya permanent magnetik motor, untuk keperluan industri mulai bisa diproduksi tahun depan. Karena kita merancang mobil listrik komponen utama, saya tunjuk Pindad buat permanent magnetic motor, dan sudah berfungsi baik," jelas Dahlan Iskan di gedung utama Pertamina, Rabu (8/8/2012).

Motor penggerak berkapasitas 50 KW yang rencananya akan diproduksi oleh PT Pindad ini hanya diproduksi di Indonesia, sementara untuk yang berkapasitas 15 KW dapat diproduksi oleh negara-negara lain. Selain PT Pindad, menurut Dahlan PT Inka Persero juga dapat memproduksi motor penggerak mobil listrik tersebut.

"Yang merakit nanti bisa swasta, bisa BUMN tapi Pindad sudah kita tunjuk untuk merakit. Nggak sulit Inka juga bisa, kalau penghematan bisa Rp200 triliun kenapa nggak? Tapi kita belum tetapkan target 1 tahun nanti kita produksi berapa, yang pasti kita mampu," tegasnya.

Mengenai mobil prototype, Dahlan menyatakan dirinya masih akan mencoba lagi. Dan bila sudah layak Dahlan baru akan mengajak pihak lain untuk mencobanya.

"Mobil listrik saya akan pakai 1000 km dulu, sekarang masih 300 km. Sekarang masih sampai di Bandung. Sebelum saya minta orang, saya pakai dulu, saya bukan pejabat pemerintah dalam hal ini, saya orang yang berorientasi pasar," ungkap Dahlan.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU