Nunukan Miliki Sumber Minyak Mentah Melebihi Brunei
Foto Ilustrasi

Nunukan, Seruu.Com - Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, memiliki sumber minyak mentah yang diperkirakan melebihi potensi milik Brunei Darussalam.

Kepala Dinas Pertambangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Distamben dan SDM) Kabupaten Nunukan Abdul Azis Muhammadiyah di Nunukan, Kamis (9/8/2012), mengatakan sebagian potensi minyak mentah itu belum dikelola berhubung dianggap belum bisa menguntungkan secara ekonomi.

Menurutnya, selain batu bara di Kabupaten Nunukan juga terdapat sumur minyak di Pulau Badik yang sudah disurvei oleh PT Star Energi. Dari hasil survei, kandungan minyak di pulau yang dekat dengan Kota Tarakan itu diperkirakan melebihi sumur minyak yang dimiliki Brunei Darussalam.

"Pulau Badik berdekatan dengan Pulau Bunyu, Kota Tarakan. Tapi masih wilayah Kabupaten Nunukan. Sesuai gambaran dari pihak PT Star Energi, kandungan minyaknya bisa mengalahkan minyak yang dimiliki Brunei," ujarnya.

Kawasan sumur minyak tersebut telah dieksplorasi oleh PT Star Energi sejak empat tahun lalu. Baru-baru perusahaan itu kembali melakukan kegiatan eksplorasi dengan menggunakan kapal dari Korea.

Menurut Abdul Azis, sumur minyak yang berada di Pulau Badik merupakan sumber yang jangka waktu pengelolaannya sangat lama. Tapi dia enggan menyebutkan jumlah kandungan minyak yang berada di pulau itu. [ant]

KOMENTAR SERUU