Ali Muksin: Kontrak Karya Freeport Harus Diubah
Lahan pertambangan PT Freeport di Indonesia (Reuters Pictures)
Saya setuju kontrak terhadap PT Freeport jangan diperpanjang (terminasi), karena itu merugikan bangsa kita - Ali Muksin

Makassar, Seruu.com - - Ketua Gerakan Pemuda Sehat, Ali Muksin menyatakan, hasil tambang PT Freeport harus dikelola oleh bangsa indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah Diskusi Publik bertema "Keterbukaan Informasi Kontrak Karya Freeport sebagai penyadaran dan pemahaman kedaulatan Indonesia" di Aston Epicentrum, Jakarta.
 

"Saya setuju kontrak terhadap PT Freeport jangan diperpanjang (terminasi), karena itu merugikan bangsa kita," kata Ketua GPS Ali Muksin, dalam rilisnya yang diterima Seruu.com, Sabtu (11/8/2012)malam tadi.

Menurut Ketua Bidang BUMN DPP KNPI ini, apa yang dilakukan oleh PT Freeport tidak sesuai dengan harapan bangsa Indonesia, karena negeri ini selalu dirugikan oleh perjanjian kontrak karya. "Kontrak karya itu jelas-jelas  selalu merugikan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan," jelas Ali.

Selebihnya, Ali Muksin percaya dan yakin jika orang-orang Indonesia mampu mengoperasikan semua teknologi yang sekarang dikerjakan oleh PT Freeport. Apalagi jika sejak dari sekarang SDM masyarakat Indonesia sudah dipersiapkan untuk menyongsong kontrak karya selesai tahun 2021.

Ketua Umum PRD, Agus Jabo. Ia meminta agar pengelolaan perusahaan pertambangan tidak dikuasai pihak asing. "Perusahaan tambang tidak boleh dikelola oleh asing," ujar Agus Jabo.

Agus menyayangkan, kekayaan tambang yang seharusnya untuk kesejahteraan rakyat dan dikelola oleh negara, justru dikuasai oleh perusahaan asing, seperti yang terjadi pada PT Freeport Indonesia. Sehingga menurut Agus, Indonesia butuh pemimpin yang berani melawan penindasan terhadap masyarakat kecil dan melawan kekuasaan bangsa asing. [hsb]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU