Demi Tingkatkan Pasokan Listrik Kepulauan Bangka, PLN Sewa PLTU Air 2 X 30 MW
Foto Ilustrasi

Jakarta, Seruu.com -  PT PLN (Persero) akan menyewa PLTU Air 2x30 Megawatt yang terletak Desa Air Anyer, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Propinsi Bangka Belitung untuk tingkatkan kapasitas pasokan listrik di kepulauan Bangka-Belitung.


PLTU Sewa nantinya ini akan dibangun oleh Konsorsium PT. Capital Turbines Indonesia dan PT Odira Energy Persada. Pada Rabu (15/8/2012) di PLN Kantor Pusat, Direktur Utama PLN Nur Pamudji bersama Direktur Utama PT. Capital Turbines Indonesia Djani Sutedja menandatangani perjanjian kerjasama kontrak PLTU Sewa Air Anyer 2x30 MW.

"Nantinya PLTU Sewa Air Anyer  ini akan menyuplai energi listrik ke Sistem Bangka Belitung sebesar ± 350,4 GWh per tahun dan PLN akan menyewa PLTU ini selama 9 tahun dengan nilai kontrak sewa sebesar 5.5550 Cent USD/kWh", ujar Dirut PLN Nur Pamudji dalam berita tertulisnya yang diterima Seruu.com, Rabu (15/8/12).

Proyek ini dijadwalkan COD (Commercial Operation Date) untuk unit 1 adalah 24 bulan setelah dimulainya pelaksanaan pembangunan konstruksi dan untuk unit 2 sekitar 26 bulan. Sedankan jangka waktu pembangunan PLTU  Sewa Air Anyer 2 x 30 MW untuk pelaksanaan kontruksi adalah selama 2 tahun, dengan investasi Jaminan Pelaksanaan dari PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sebesar USD 973.236.

"Saya harapkan, PLTU ini bisa dibangun dengan cepat, mengingat pertumbuhan listrik yang semakin cepat pula. Saat ini pertumbuhan listrik mencapai 9,2%. Agar suplai listrik bisa cepat, diperlukan cara baru pelelangan pengadaan pembangkit. Kan, kita tahu berapa kebutuhan PLTU yang akan dibangun dalam lima tahun mendatang. Kenapa tidak lelangnya disekaliguskan misalnya satu kali lelang untuk 30 PLTU yang skala kecil," kata Nur.

Di waktu yang sama, Dirut PT. Capital Turbines Indonesia, Djani Sutedja, sebagai perwakilan konsorsium yang membangun PLTU Air Anyer ini berjanji akan melaksanakan pembangunan sesegera mungkin.

"Kami upayakan pembangunannya dapat dilakukan secepat mungkin dengan kualitas terbaik. Karena kami pun mempunyai pengalaman dalam pengembangan listrik di Pulau Bintan. Terimakasih atas kepercayaan PLN kepada kami," ucapnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU