Energi Angin Peternakan Ancaman Bagi Thornton Moor di Wuthering Heights
@dailymail.co.uk (Menakjubkan: Inilah tampilan Thornton Moor di West Yorkshire yang terinspirasi kisah cinta Emily Bronte di Wuthering Heights yang terlihat sekarang)

Seruu.com - Apa jadinya jika pegunungan indah ini diisi oleh banyaknya turbin energi angin? Penduduk setempat sudah berjuang untuk melindungi tegalan kasar yang terinspirasi dari sejarah kisah percintaan Heathcliff dan Cathy yang bisa saja hancur.

Dan sekarang kampanye menentang rencana untuk sebuah peternakan angin dekat Haworth, West Yorkshire, menghadapi perang di dua front, seperti perusahaan energi lain berupaya menempatkan turbin pada lanskap di pusat Heights Emily Bronte di Wuthering.

Empat turbin sudah diusulkan oleh satu perusahaan, tepat di samping jalur wisata Bronte. Perusahaan E.ON dari Jerman sekarang ingin meng-upgrade sebuah peternakan dari turbin kecil yang empat mil jauhnya di Ovendon Moor, menggantinya dengan sembilan turbin berukuran 377 kaki tingginya (115 meter).

Pada bulan April, penduduk setempat mengecam skema £12 juta (sekitar Rp. 12 miliar) oleh Banks Renewable Energy (Bank Energi Terbarukan) untuk turbin lokasi berukuran 328 kaki tingginya pada Thornton Moor, hanya beberapa mil dari rumah mantan para suster Bronte dan para pendeta di Haworth.

Dataran berangin adalah tempat untuk deklarasi cinta bergairah Cathy, di mana ia berseru: 'Buatlah dataran tidak pernah berubah dan begitu juga dengan Anda dan saya tidak pernah berubah.'

Ketua masyarakat Bronte, Sally McDonald mengatakan skema baru, akan menggantikan 23 turbin yang dibangun pada tahun 1993, berukuran 48 meter (157 kaki) tingginya dan akan menjadi 'besar dan mengerikan'.

"Menurut pendapat saya, turbin lebih kecil saja sudah ada yang cukup merusak," katanya. "Tapi dibandingkan dengan yang baru yang diusulkan mereka adalah tidak signifikan," lanjutnya.

"Ini menghancurkan. Mereka akan berubah dan hancurkan pemandangan dari tempat Moorland yang sangat istimewa itu dengan cara yang akan menjijikkan," ungkapnya.

"Lima ratus tahun dari sekarang orang masih akan membaca novel-novel Bronte yang seperti sebelumnya begitu abadi sebagai Shakespeare. Tapi apakah orang masih datang ke Haworth?" jelasnya.

Warga setempat juga takut turbin yang lebih besar akan melibatkan penyuntikan 35.000 ton beton segar ke dalam Moorland untuk jangkar mereka, yang akan tetap setelah pertanian angin yang diusulkan mencapai akhir dari 'kehidupannya' dalam waktu 25 tahun.

Dalam sebuah keberatan untuk dewan Calderdale, nona McDonald memperingatkan bahwa kerusakan pada 'kultural dan historis yang unik' lanskap akan memukul pariwisata, yang sekarang menjadi darah kehidupan ekonomi lokal.

Padang rumput adalah kehadiran konstan dalam tulisan-tulisan Charlotte, Anne dan Emily Bronte, yang menikmati pemandangan yang indah di jalan-jalan dari keluarga pendeta mereka, yang sekarang hanya jadi sebuah museum.


@dailymail.co.uk (Tidak jadi begitu indah: Rusaknya tampilan pemandangan segar Thornton Moor yang mungkin terlihat dengan empat turbin angin di atasnya)

"Usulan ini akan memungkinkan lokasi untuk lebih dua kali lipat dari kapasitas pembangkit dari 9.2MW untuk 22.5MW, sementara menggunakan turbin jauh lebih sedikit," kata seorang juru bicara E. ON.

"Saat ini kami sedang konsultasi dengan masyarakat lokal pada proposal ini dan baru saja host hari informasi publik memberikan orang lokal kesempatan untuk melihat dan mendiskusikan desain yang diusulkan," lanjutnya. [dml/fps]

KOMENTAR SERUU