Tsunami Buat Lebih Buruk 'Pop-Up' Oleh Sedimen
@bbcnews.co.uk (Tsunami besar yang dapat terjadi akibat gempa bumi kecil, ide irisan "pop-up" dapat menjelaskan perbedaan tersebut)

Seruu.com - Sebuah penelitian menunjukkan Tsunami yang diciptakan oleh gempa bumi bawah laut dapat dibuat jauh lebih besar oleh gerakan "pop-up" dalam jumlah besar sedimen.

Gempa ini melepaskan sejumlah besar energi sebagai lempeng tektonik yang menempel saat mereka melewati satu sama lain dan tiba-tiba retak.

Tetapi sebuah penelitian di Bumi dan Planetary Science Letters menunjukkan bahwa irisan sedimen dikorek dari lempeng yang dapat membentuk 'pop up', meningkatkan tsunami yang dihasilkan.

Ini menunjukkan bahwa bercak potongan tersebut bisa meningkatkan prediksi tsunami besar.

Gempa megathrust adalah pelepasan energi "elastis" secara tiba-tiba yang disimpan sebagai lempeng tektonik yang menggiling terhadap satu sama lain, merusak bentuk tetapi tidak retak.

Biasanya, seperti pada gempa bumi Jepang pada Maret 2011 yang menyebabkan tsunami besar-besaran dan bencana nuklir Fukushima, hal ini terjadi pada zona subduksi, di mana satu lempeng yang meluncur di bawah berikutnya.

Gempa muncul ketika deformasi menjadi terlalu besar dan energi yang tersimpan tiba-tiba lepas.

Gerakan lempeng tiba-tiba ditransmisikan ke laut, mendorong tsunami. [bbc/fps]

KOMENTAR SERUU