Dirjen Minerba: Otonomi Daerah Itu Teoritis Tapi Gubernur dan Bupati Yang Paham daerahnya!
Dirjen Mineral dan Batu bara, Thamrin Sihite (Foto: Ain/Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Munculnya ribuan IUP di daerah petambangan yang dinilai beberapa tokoh juga pengamat pertambangan akibat pemberlakuan UU Otonomi Daerah yang juga berdampak terhadap munculnya raja-raja kecil membuat geram banyak kalangan, pasalnya akibat kesewenang-wenangan pemerintah daerah ini telah menimbulkan banyaknya kasus tumpang tindih lahan pertambangan.

Meskipun pengamat pertambangan telah berkoar-koar agar pemerintah mencabut UU Otda atau merevisi UU Minerba namun pemerintah menganggap ini tidak perlu dilakukan karena sudah diterbitkan Peraturan Presiden no 24 tahun 2012, yang menyatakan semua IUP kewenangannya ada di Gubernur dan Walikota namun bila ada modal asing itu akan menjadikewenangan pemerintah pusat.

"Otonomi daerah itu secara teoritisnya, kan Gubernur dan Bupati yang lebih tahu daerahnya, mereka yang punya masyarakat itu kalau khusus untuk pertambangan nggak mungkin kita bisa jangkau seluruh indonesia", ucap Dirjen Minerba Thamrin Sihite saat ditemui siang tadi di Kementrian ESDM, Selasa (28/8/2012).

Dengan sekitar 400 kabupaten di seluruh Indonesia menurut Thamrin pemerintah hanya tinggal menata sistem pengelolaan tambang dan bila ada kekurangan pemerintah akan membuat SOP, begitu pula dengan kekurangan SDM pemerintah pun menyatakan siap memberikan pendidikan.

"Banyak faktor yang menyebabkan banyaknya kasus di pertambangan mungkin infrastrukturnya yang belum terpenuhi, SDM-nya belum tercukupi, kita dorong-lah, kewenangan Gubernur dan Bupati karena mereka lebih tahu, yang pasti harus ada Amdal pemantauan lingkungan, nggak mungkin dari pusat langsung itu kan biaya tinggi", tambahnya.

Thamrin berjanji akan memberdayakan SDM di daerah agar mampu meningkatkan kapasitas daerah, pihaknya mengaku sudah menyerahkan daftar pada Departemen Dalam Negri daerah mana saja yang ditingkatkan inspektur tambangnya dan yang harus karena selama ini inspektur tambang jumlahnya sangat minim. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU