Guna Turunkan Harga, Menteri G7 Akan Desak Produsen Minyak Dunia Tingkatkan Produksi
Foto Ilustrasi

Paris, Seruu.Com - Para menteri keuangan dari kelompok negara-negara industri G7 akan mendesak produsen minyak dunia untuk meningkatkan produksi "guna menurunkan harga", kata Menteri Keuangan Prancis Pierre Moscovici, Selasa (28/8/2012).

"Saya baru saja mencapai kesepakatan bahwa rekan-rekan G7 saya ... menandatangani pernyataan menyerukan kenaikan produksi oleh negara-negara penghasil minyak untuk mengurangi harga bensin," menteri mengatakan kepada penyiar televisi TF1, lapor AFP.

Di bawah tekanan politik yang akut di Prancis untuk mengurangi harga bensin di pompa (SPBU), Moscovici pada Selasa pagi mengumumkan, pemerintah akan mengeluarkan 300 juta euro (375 juta dolar AS) untuk menurunkan harga sementara di SPBU untuk pengendara kendaraan bermotor.

Dalam skema ini, harga di SPBU akan turun hingga enam sen, tiga untuk perusahaan bahan bakar minyak dan tiga untuk negara, katanya setelah pertemuan dengan perusahaan bahan bakar minyak.

Selain pernyataan G7, yang tampaknya diarahkan ke kartel negara-negara produsen OPEC, Moscovici mengatakan "mekanisme" akan dibuat untuk "memberikan bantuan bagi mereka yang harga bensin mereka merupakan bagian penting dari anggaran mereka."

Menjaga harga di SPBU yang telah melonjak ke tingkat rekor adalah janji menonjol kampanye presiden Francois Hollande yang menyapu Sosialis berkuasa awal tahun ini.

Tetapi dengan ekonomi Prancis stagnan selama sembilan bulan terakhir, pemerintah sedang berjuang untuk memotong defisit publik menjadi 4,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) tahun ini dan mencapai batas Uni Eropa 3,0 persen pada tahun depan. [ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU