Ahmad Muzani : Kenaikan TDL Tidak Beralasan
Sekjend Partai Gerindra, Ahmad Muzani

Jakarta, Seruu.com - Subsidi energi pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) mengalami kenaikan. Karena itu, tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menaikan harga BBM dan tarif dasar listrik (TDL). Hal itu dikatakan  Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (29/8). Hadir saat itu, Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Edhy Prabowo dan anggota Fraksi Partai Gerindra Fary Djemy Francis.

Muzani mengatakan, subsidi energi pada RAPBN 2013 memang mengalami kenaikan tipis. BBM misalnya, dari Rp 123,6 triliun  menjadi  Rp 193,8 triliun pada RAPBN 2013. Sedangkan subsidi listrik dari Rp 65 triliun menjadi Rp 80,937 triliun.

“Dari postur  subsidi anggaran tersebut sangat jelas  bahwa pemerintah tidak punya alasan menaikkan harga BBM dan TDL pada 2013, yang jelas-jelas menyengsarakan rakyat,” katanya.

Ironisnya, kata Muzani, subsidi non-energi menjadi Rp 41,4 triliun pada 2013. Anggaran  untuk Kementerian Pertanian, misalnya hanya sebesar Rp 19.331 triliun, tidak jauh berbeda dengan tahun 2012.  Artinya, masih seperti  tahun  sebelumnya.

“Anggaran Kementerian Pertanian untuk 2013 tiak termasuk 5 terbesar. Alokasi anggaran tersebut menggambarkan bahwa sektor pertanian sepertinya belum menjadi prioritas. Padahal jika dilihat struktur ekonomi negeri ini, 41 persen total tenaga kerja bekerja di sektor pertanian,” katanya. [sp/ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU