Ketum REPDEM:  Kedatangan Hillary Adalah Bentuk Intervensi Terhadap Renegosiasi Freeport!
Hillary Clinton (Getty Images)

Jakarta, Seruu.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton yang dikabarkan  akan berkunjung ke Jakarta, dalam rangka membicarakan hubungan bilateral antara Indonesia dengan AS akan tiba melalui Bandara Halim Perdana Kusuma pada Senin (3/9/2012) sore.

Kedatangan Hillary Clinton kali ini dinilai Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) adalah salah satu upaya penekanan agar Freeport tetap bercokol di bumi pertiwi, dan REPDEM menyatakan penolakan intervensi AS tersebut dengan melakukan aksi di sekitar Plaza 89 Jalan HR rasuna said.

"Ini adalah intervensi asing terhadap sedang berlangsungnya proses renegosiasi antara pemerintah dengan Freeport. REPDEM  menolak intervensi AS terutama dengan kedatangan Menlu AS. Kami meminta kontrak dengan Freeport dihentikan," tegas Masinton Pasaribu, Ketua REPDEM, Senin (3/9/2012) siang tadi.

Penolakan ini dilakukan karena menurut Masinton setelah 45 tahun berkontrak di Indonesia, Freeport tidak memberikan manfaat atau keuntungan apapun bagi rakyat Papua dan hanya menimbulkan kelaparan, pengrusakan lingkungan bahkan pelanggaran HAM yang. Tak hanya itu, REPDEM juga mendesak pemerintah agar tidak melakukan renegosiasi sepihak dengan Freeport.

"Renegosiasi Kontrak Karya (Freeport), harus melibatkan elemen rakyat Indonesia dan masyarakat di Papua agar tidak mengulangi cara-cara bernegosiasi yang dilakukan pada masa Orde Baru yang memberikan hak penguasaan dan pengelolaan mutlak terhadap tambang Indonesia kepada asing," tutur Masinton. [Ain]

 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU