Hikmahanto Juwana : Hormati UU, SBY Harus Tolak Tawaran Clinton Soal Perpanjangan KK Freeport
Hikmahanto Juwana (kiri)
Pertama, UU Mineral dan Batubara dalam Pasal 169 ayat (b) mengamanatkan bahwa kontrak karya akan tetap dihormati hingga masa berakhirnya. UU Minerba merupakan pengejawantahan kehendak dari rakyat Indonesia dimana presiden mempunyai kewajiban memegang teguh sesuai sumpahnya ketika dilantik,"

Jakarta, Seruu.com - Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengingatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menolak tawaran perpanjangan Kontrak Freeport dalam pembicaraan bilateral dengan Menlu AS Hillary Rodham Clinton di Istana hari ini, Selasa (04/9/2012).

Juwana mengatakan, bila benar dugaan mata agenda ini maka Presiden SBY harus tegas menolak permintaan ataupun tekanan yang dilakukan oleh pemerintah AS. Menurutnya, ada tiga alasan utama penolakan perpanjangan.


"Pertama, UU Mineral dan Batubara dalam Pasal 169 ayat (b) mengamanatkan bahwa kontrak karya akan tetap dihormati hingga masa berakhirnya. UU Minerba merupakan pengejawantahan kehendak dari rakyat Indonesia dimana presiden mempunyai kewajiban memegang teguh sesuai sumpahnya ketika dilantik," papar Hikmahanto dalam siaran persnya  kepada Seruu.com, Selasa (4/9/2012).


Alasan kedua lanjut dia, Freeport sudah terlalu banyak menikmati kekayaan yang seharusnya digunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia. "Freeport hingga saat ini enggan untuk transparan berapa keuntungan yang diperoleh," sambungnya.


Sedangkan alasan yang ketiga kata Hikmahanto, bila perpanjangan diluluskan oleh pemerintah RI atas desakan pemerintah AS, berarti AS telah mengadu domba antara pemerintah RI dengan rakyatnya sendiri.


"Saat ini masyarakat Indonesia tidak bisa menerima keberadaan Freeport yang terus menguras kekayaan sumber saya mineral Indonesia," tegasnya. [mus]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU