Dahlan Iskan Targetkan PT Petikemas Rampung Akhir 2012
Meneg BUMN Dahlan Iskan

Jakarta, Seruu.com - Perusahaan Petikemas yang dibentuk oleh PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV kini tengah ditunggu progressnya oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. PT Petikemas ini nantinya akan melayani bisnis peti kemas di Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dan Pelabuhan Tanjung Priok Surabaya.


"Soal pembentukan perusahaan petikemas Indonesia, saya tinggal menunggu tanggal berapa penandatanganan aktanya dan kapan neraca pembukaannya dibuat, saya sedang menunggu itu", ucap Dahlan usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Pelindo II dengan PT Jasa Marga Tbk dan PT BKN, di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat(7/9/2012).


Sebelumnya Dahlan menuturkan keinginannya bahwa proyek 4 Pelindo ini yaitu Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV diketuai oleh Pelindo II. Dan  Dahlan menunjuk Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino untuk menjadi
"ketua kelas" yang nantinya akan mengetuai keseluruhan Pelindo.


"Saya mendukung, bahwa seluruh unit kontainer di Pelindo harus disatukan. Pak Lino ketua kelasnya dan akhir tahun ini harus sudah terbentuk" ungkap Dahlan.


Dalam proses pembangunan perusahaan petikemas Pelindo I, II, III, dan IV, menurut Dahlan tidak perlu persetujuan APBN karena jika menunggu persetujuan APBN akan memakan proses yang lama. "Ini tanpa APBN, kalau melewatkan APBN harus melawati proses panjang lagi," tambahnya.


Dahlan menginginkan hingga akhir 2012 ini perusahaan petikemas Indonesia telah rampung yang diharapkan mampu memperlancar aktifitas pelabuhan Indonesia.[Ain]

KOMENTAR SERUU