Dirjen Minerba Dikabarkan Berangkat ke AS Minggu Lalu, DPR Akui Belum Ada Laporan Terkait Renegosiasi KK
Lahan pertambangan PT Freeport di Indonesia (Reuters Pictures)

Jakarta, Seruu.com - Dirjen Mineral dan Batubara Thamrin Sihite berangkat langsung  mendatangi PT. Freeport ke Amerika Serikat (AS) minggu lalu untuk membicarakan seputar renegosiasi Kontrak Karya (KK) Freeport yang nyatanya hingga kini belum juga ada kemajuan yang signifikan dari negosiasi tersebut.
 

Ditegaskan Ketua REPDEM Masinton Pasaribu, Senin (20/9/2012),  Pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan bisa melakukan deal dalam renegosiasi ini karena sudah tunduk terhadap AS, terbukti dengan keberangkatan Thamrin Sihite ke AS.

"Pemerintahan seperti itu hanya berperan sebagai makelar yang menjual sumber daya kekayaan alam Indonesia kepada Asing," tegas Masinton.

Bahkan Anggota Komisi VII DPR RI mengamini belum adanya hasil dari renegosiasi tersebut yang disampaikan ke Komisi VII, seperti dituturkannya Minggu (9/9/12) kemarin malam kepada Seruu.com.

"Sampai sekarang belum disampaikan pada DPR kemajuan dari negosiasi itu termasuk besaran royalti yang disepakati KK", kata Satya W Yudha.

Meskipun di Panja Minerba saat itu telah disusun map perusahaan-perusahaan mana yang mau melakukan renegosiasi baik sebagian atau seluruhnya, namun pemerintah belum melaporkan apapun melalui paparan kepada Komisi VII DPR.

"Kita akan tanyakan yang spesifik tentang renegosiasi dari usaha pertambangan yang masuk kategori IUPK atau PKP2B, termasuk Freeport, INCO, dan Valley yang harus mendapatkan penekanan betul karena disitu royaltinya juga rendah, padahal penguasaan daerahnya tinggi,"tuturnya. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU