Jero Wacik Perkirakan Tahun 2013 Renegosiasi Freeport Selesai, Komisi VII: Minggu Depan Kita Panggil Dirjen Minerba
Anggota Faksi Golkar Satya W Yudha (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Hingga hari ini belum ada satu poin-pun dari enam poin yang direnegosiasikan besama Freeport yang sudah menunjukkan kata sepakat. Bahkan Kamis (6/9/2012) lalu Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan untuk perusahaan-perusahaan besar seperti PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara, proses negosiasi masih akan berlangsung lama.
 

Wacik berpendapat  perusahaan-perusahaan besar seperti Freeport, Newmont, dan Vale Indonesia, masih membutuhkan waktu yang panjang bagi proses renegosiasinya malah diperkirakan tahun 2013 proses renegosiasi kontrak karya baru akan selesai.

"Selama ini, kami sudah bekerja, cuma belum kick-off. Hari ini sudah di-kick oleh Pak Hatta Rajasa. Dan secara resmi sudah mulai bekerja, tapi kalau perusahaan besar seperti Freeport tidak bisa negosiasi cepat, karena harus melibatkan manajemen yang lengkap" kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, di Jakarta, Kamis (6/9/12).

Menanggapi pernyataan Jero Wacik ini, dan lambatnya renegosiasi Satya W Yudha politisi Golkar yang juga anggota Komisi VII DPR RI menyampaikan akan ada pemanggilan terhadap Dirjen Minerba yang sudah dijadwalkan minggu depan.

"Kita sudah jadwalkan minggu depan dengan Dirjen Minerba dan dimasukkan dalam Panja Minerba," ucap Satya ketika ditemui Seruu.com  di Gedung DPR RI,  Senin (10/9/12) malam.

Bahkan Satya meminta pemerintah untuk mengajukan royalti diatas 3,75% atas emas Freeport dan menekankan pada 3 aspek utama yaitu royalti, luas wilayah, dan pendapatan pajak setelah direnegosiasi bari pemerintah boleh memperpanjang kontrak Freeport.

"Renegosiasi dulu baru mikir diperpanjang atau tidak. Kalau kontrak yang ada tidak mau direnegosiasi, jangan mau diperpanjang. 3,75% itu kecil untuk emas karena pemerintah mintanya 10%. Yang bisa kita tekan apabila dia minta perpanjangan kita punya hak 100% untuk royalti lebih," tutur Satya. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU