SeruuMart - Digital Marketplaces
Senin, 24 Juli 2017
 
Kasus Tumpahan Minyak, Brazil Denda Chevron Sebesar 17,5 Juta Dolar AS

Seruu.com - Pemerintah Brazil, Senin (17/9/2012) waktu setempat, mengenakan denda 17,5 juta dolar AS kepada perusahaan minyak AS, Chevron, karena insiden tumpah minyak mentah tahun lalu di negara bagian Rio de Janeiro. Magda Chambriard, Direktur Jenderal Lembaga Perminyakan Nasional (ANP), berkata dalam satu jumpa pers bahwa denda sebesar itu dikenakan untuk 24 pelanggaran yang dilakukan Chevron.

"Menurut ketentuan hukum, batas maksimum denda adalah satu juta reais (mata uang Brazil)," kata Chambriard seperti dikutip AFP.

Chevron bisa dikenakan denda tambahan sebesar 50.000 dolar AS untuk "item-item pelanggaran lainnya". Otoritas perminyakan Brazil memperkirakan bahwa 2.400 barel minyak mentah tumpah akibat kecelakaan minyak November tahun lalu.

Juli lalu ANP menuduh Chevron tak mempedulikan itu dan menyebut perusahaan AS ini sebenarnya bisa menghindarkan tumpahan minyak yang terjadi pada ladang minyak Frade yang berlokasi 370 km barat laut Rio.

Agustus lalu, pengadilan Brazil memerintahkan Chevron dan perusahaan pengeboran minyak Transocean untuk menghentikan pengeboran minyak dan aktivitas pengapalan minyak dalam jangka waktu 30 hari.

Chambriard mengatakan ANP akan mengajukan keberatan hukum atas penangguhan operasi Chevron ini dengan alasan bisa mengganggu produksi minyak Brazil.

Raksasa minyak nasional Brazil, Petrobras, masih memerlukan bantuan Chevron untuk operasi-operasi usaha minyaknya.

Belum lama bulan ini, pengadilan Brazil mengatakan bahwa bos Chevron unit Brazil (George Buck) diizinkan keluar dari negara itu dengan terlebih dahulu membayar uang jaminan 245.000 dolar AS menyusul insiden kebocoran minyak November lalu itu.

Hakim Marcelo Luzio Marques Araujo memutuskan uang jaminan sebesar itu untuk memastikan George Buck kembali ke Brazil untuk dihadirkan di pengadilan setiap kali pengadilan membutuh kesaksiannya.

Pihak berwenang Brazil telah menyita paspor Buck dan 16 orang lainnya yang berkaitan dengan Chevron serta Transocean menyusul insiden tumpah minyak November itu.

Jaksa teleh mengajukan gugatan hukum kepada Chevron dan Transocean akibat insiden November tersebut dengan menuntut ganti rugi 11 miliar dolar AS untuk apa yang mereka sebut "kerusakan lingkungan yang tak terhitung."

Maret lalu, tumpahan minyak lainnya terdeteksi pada kedalaman 1.300 meter di kilang Frade di mana Petrobras menguasai 30 persen sahamnya.  Ini tidak jauh dari lokasi kebocoran yang terjadi pada November tahun lalu itu.
[ndis]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU