Kalimantan Tengah Siap Moratorium Izin Tambang
ilustrasi tambang batubara

Palangkaraya, Seruu.com - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Achmad Diran menyatakan telah menghentikan sementara penerbitan izin tambang dan perkebunan di beberapa kabupaten karena banyaknya keluhan masyarakat.

"Moratorium pemberian izin tambang dan perkebunan di tujuh kabupaten mulai berlaku Maret 2012," katanya di depan Tim Kepak Sayap Enggang dan Mata Harimau Tur Kalimantan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) di Palangkaraya, Kamis (20/9/2012).

Tim yang bermisi menyuarakan penyelamatan lingkungan itu terdiri dari beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM). Antara lain Green Peace, Walhi Kalteng, Save Our Borneo, Yayasan Betang Borneo, Sarekat Hijau, Lembaga Germawan, PPSDAK, serta POKER
SHK.

Kabupaten yang melakukan moratorium perizinan tambang dan perkebunan tersebut yakni Barito Selatan, Barito Timur, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Seruyan, Kapuas, dan Pulang Pisau. Moratorium juga diberlakukan bagi pemberian izin kehutanan untuk koridor atau jalan tambang, serta perhubungan untuk pelabuhan atau terminal khusus.

"Kami dengan Gubenur Kalteng sepakat agar pemberian izin harus stop dulu sebagai kepedulian kami terhadap lingkungan hidup," katanya. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU