Seriusi Permintaan Impor Listrik Dari Batam, Singapore's EMA Ajak Ketemu Dirut Bright PLN Batam
Dirut Bright Pelayanan Listrik Nasional Batam, Dadan Kurniadipura (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Pembangunan pembangkit listrik makro di Batam yang rencananya untuk ekspor listrik ke Singapura pada 2017. Bahkan Singapore's Energy Market Authority (EMA) disebut telah membuka tawaran kontrak untuk memasok listrik ke negaranya dengan membuka tendernya pada 2013.

Maka jika PLN Batam mengikuti tender tersebut, mereka akan bersaing dengan perusahaan pembangkit listrik Malaysia yang juga berniat menawar tender.

Disinggung mengenai progress ekspor listrik ini, Direktur Utama Bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura mengatakan EMA baru akan mengundang pihaknya bulan Oktober besok sekaligus mencari masukan dari setiap stakeholder seperti Malaysia.

"Nanti kita akan memberi masukan ke EMA,  saya minta finalty carbon itu ditanggung sama Malaysia jangan kita yang terima polusinya mereka listriknya, itu nggak fair. Kita bersedia ekspor listrik tapi mereka juga harus menanggung carbon," ucap Dadan ketika ditemu di Jakarta, Selasa (26/9/2012).

Meskipun belum dihitung berapa kebutuhan Singapura, namun Dadan mengaskan bahwa PLN Batam akan menjual listrik dengan harga keekonomian bukan subsidi.

"Untuk Singapura kita harus bangun pembangkit sendiri, kalau kebutuhan Singapura 2017 artinya tahun 2013 mereka mesti decided mengambil dari Johor dan Batam karena dia tidak bisa bergantung dari 1 negara," tambah Dadan.

Hasil penilaian kelayakan awal PLN Batam, menunjukkan Indonesia membutuhkan biaya sekitar 1,34 miliar dolar AS atau setara Rp 12 triliun untuk pembangunan listrik 1.000 mega watt (MW). Pasokan listrik Batam terus berkembang 12,1% per tahun. Apalagi, Batam mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga batubara (PLTU) Tanjung Kasam berkapasitas 2x55 MW pada pertengahan tahun ini. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU