Tekan Cost, PT ITM Siap Lakukan Gasifikasi
Director PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM), Leksono Poeranto (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Berbagai upaya dilakukan perusahaan tambang batubara untuk melakukan pengurangan cost menghadapi turunnya harga batubara sejak akhir Agustus kemarin. Harga batubara diperkirakan turun USD 46, dari USD 126/ton menjadi USD 80/ton. Salah satu perusahaan batubara yang kini tengah gencar melakukan pengurangan cost adalah PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM).
 

Disampaikan Director ITM, Leksono Poeranto,  ITM kini sedang mempersiapkan program inovasi gasifikasi BBM untuk alat-alat berat perusahaan. Gasifikasi ini diharapkan mampu menekan cost dengan beralih dari penggunaan BBM ke gas. Program yang direncanakan sejak awal tahun ini rencananya menggandeng Pertagas, anak perusahaan Pertamina.

"Semua BBM kita alihkan ke gas semua,  pasti ada selisih meski tidak sampai 50%, kalau pakai gas bagus sekali bisa lebih karena komponen BBM termasuk dalam komponen nasional. Semua gas rencananya dipasok Pertagas,"ujar Poeranto ketika ditemui, Kamis (27/9/12) kemarin sore.

Poeranto menambahkan saat ini inovasi gasifikasi masih dalam tahap uji coba dengan progress finalisasi. Karena masih tahap uji coba, maka untuk investasi masih sukarela dan kolektif antara dua perusahaan tersebut.

"Pertagas yang akan supply gas ke kita dan selama ini kita sudah lakukan studi-studi uji coba bersama mereka,  kita baru uji coba itu saja voluntere jadi sukarela dulu kita bersama-sama dan Pertagas biayai, satu saja untuk yakinkan itu bisa," tambahnya.

ITM mentargetkan program ini bisa terealisasi secepatnya, dan seluruh pembangunan infrastruktur akan jadi tanggungjawab Pertagas nantinya.

"SPBG akan dibangun di tempat kita oleh Pertagas dari pertamina, kami tergetkan secepatnya kalau itu berhasil. Lihat di Afrika, Australia berhasil. Mudah-mudahan disini kita pioneer, tapi Pertagas harus bicarakan dengan induknya Pertamina," tandasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU