Kontraktor Blok East Natuna Minta Waktu Kelola 30 Tahun
Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini (Aini/Seruu.com)
"Natuna minta insentif, jadi sedang dilakukan oleh konsultan, saat ini belum selesai harusnya September ini. Ada lima insentif yang diminta, pertama pajaknya dikurangin, kedua splitnya diubah, ketiga ada yang namanya investasion credit, keempat minta penambahan waktu kontrak, yang terakhir saya lupa apa,"

Jakarta, Seruu.com - Para kontraktor yang melakukan eksplorasi gas di Blok East Natuna meminta tambahan waktu 10 tahun dan total menjadi 30 tahun. Permintaan tambahan waktu ini dilakukan karena tidak ekonomis dibanding investasi yang dilakukan oleh para kontraktor.

Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini menjelaskan bahwa relasi kerja Pertamina ini mengajukan 5 insentif yang salah satunya adalah tambahan kelola waktu 10 tahun.

"Natuna minta insentif, jadi sedang dilakukan oleh konsultan, saat ini belum selesai  harusnya September ini. Ada lima insentif yang diminta, pertama pajaknya dikurangin, kedua splitnya diubah, ketiga ada yang namanya investasion credit, keempat minta penambahan waktu kontrak, yang terakhir saya lupa apa," jelas Rudi ketika ditemui seusai sholat Jumat di Kementrian ESDM, (28/9/2012).

Rudi menambahkan saat ini usulan tersebut masih dipelajari Kementrian Keuangan agar sesuai dengan harapan pemerintah. Karena bila dilihat dari investasi di blok East Natuna lebih dari USD 20 milyar atau setara dengan Rp 170 triliun, angka tersebut dinilai cukup tinggi dan tidak ekonomis bila pengelolaannya hanya 20 tahun.

"Informalnya Menteri Keuangan sudah mendengar hasil-hasilnya. Tapi belum disepakati, jadi harus diperbaiki lagi. Kita tunggu lah. Mudah-mudahan hitungan minggu depan penyelesaiannya," ucapnya.

Jadi pada prinsipnya menurut Rudi bagaimana membuat Internal Rate Operator (IRO) para kontraktor masuk, karena sesuai  dari pengakuan para kontraktor belum masuk dalam keekonomian.

"Ingat, bahwa yang namanya Natuna itu baru mulainya itu nanti 2022 on streamnya. Itu pekerjaan panjang dan melelahkan, jadi jangan diputuskan dalam waktu singkat". [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU