Demi Efisiensi Pemerintah Tekan PLN Untuk Turunkan Losis
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman (Foto: Aini/ Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Salah satu yang menjadi ukuran efisiensi PLN adalah menurunnya losis (penyusutan). Rangkaian kabel-kabel milik PLN yang mengalami losis ini disebabkan dua hal yaitu tindak pidana  pencurian dan pemakaian listrik ilegal.

Seperti disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman, saat ditemui di kantornya, Jalan  Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9) kabel-kabel tersebut perlu diganti mengingat banyaknya jaringan kabel milik PLN sudah mengalami usia yang cukup tua.
 
"Ada satu target yang perlu dicapai dalam penurunan losis ini, untuk target 2013 kami mentargetkan 8,5%. Dan ini perlu dilakukan oleh PLN untuk mencapai semua itu diantaranya untuk memperbaiki jaringan", kata Jarman.

Jarman mengharapkan untuk jaringan 2012 losis mencapai target 9,4% dan pada 2013 bisa turun lagi. Penurunan ini menurutnya  juga harus memiliki target yang pasti untuk menghitung kita besaran serta evaluasi pertahun.

"Kita evaluasi per akhir tahun untuk hitung pencapaiannya. Target 2013 ini 8,5% untuk  wilayah nasional secara rata-rata, yang pasti di Jawa lebih rendah dari dearah lain karena sietem jaringannya sudah baik sementara di luar Jawa diatas itu", tambahnya.

Manfaat dari losis ini sendiri menurut hemat Jarman bila makin rendah losis maka akan  makin baik tenaga listrik yang dijual ke masyarakat. Karena bila makin banyak berarti ada hilang energi yang bisa ditekan.

Losis dibagi menjadi dua yaitu losis teknis dan non teknis, di tranmisi losis teknis berkisar antara 2,1%- 2,2% dan sisanya adalah losis distribusi. [Ain]

KOMENTAR SERUU