Terkait Rencana PHK Newmont, Thamrin Sihite: PHK Nggak Bisa Seenaknya, Kita Bisa Kasih Peringatan
Dirjen Mineral dan Batubara, Thamrin Sihite (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Berdasarkan memorandum yang dikirimkan Presiden Direktur PT NNT (Newmont Nusa Tenggara) Martiono Hadianton pada 27 September 2012 kepada seluruh karyawan NNT dan rekan bisnis melalui surat nomor 1151/PD-MH/NNT/IX/2012.

Surat tersebut berisi tentang inisiatif percepatan pencapaian kinerja dan peningkatan nilai. Dan juga dinyatakan bahwa biaya perusahaan terus meningkat di tengah harga logam yang stagnan di mana pada waktu bersamaan perusahaan mengalami arus kas negatif selama kegiatan pengupasan tanah permukaan fase 6.

Dengan memorandum ini muncullah rencana PHK terhadap 20% karyawan ekpatriat NNT dan 2% karyawan lokal. Namun Martono 2 Oktober kemarin ketika ditemui di ESDM menegaskan semua masih dalam tahap persiapan supaya nantinya bisa lebih transparan dan terbuka saat memberikan info yang tepat pada waktunya.

"Ini semua masih diracik dan masih mentahan, semua baru rencana belum ada pelaksanaan sama sekali untuk lakukan PHK. Kita bedakan antara ekspatriat dan nasional, kalau ekspatriat  kita rencanakan kira-kira 20%, sedangkan karyawan nasional 2%. Kita akan pertimbangkan semua," jelas Martiono.

Menanggapi rencana PHK NNT ini, Dirjen Minerba KESDM Thamrin Sihite mengatakan sampai hari ini belum ada laporan ke ESDM mengenai rencana tersebut dan menurutnya  NNT tidak bisa seenaknya melakukan PHK terhadap karyawannya karena harus disertai alasan yang kemudian akan dievaluasi.

"Belum lapor ke kita karena baru konsep, tapi nggak bisa seenaknya harus ada alasannya dan dievaluasi, yang pasti nanti bisa ada peringatan pertama, kedua, ketiga, tapi masa harga komoditas turun beberapa bulan langsung PHK?" tutur Thamrin saat ditemui di Kantor Ditjen Minerba, Jakarta, Rabu (3/10/2012) kemarin. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU