IUP Hanya Punya Waktu 30 Hari Tuntaskan Syarat Teknis dan Non Teknis Setelah Rekonsiliasi Pertambangan Tahap II
Direktur Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Dede Ida Suhendra (Foto: Aini/ Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Dari total keseluruhan 10.000 lebih IUP yang masuk di data KESDM sudah ada 4000 IUP yang dinyatakan C and C, namun setelah dijalankan rekonsiliasi pertambangan tahap kedua, 4000 IUP tersebut belum diklasifikasikan berdasar 27 kategori untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada pada tiap IUP mulai masalah yang paling ringan hingga yang terberat bersama lintas sektor seperti Kemendag dan Kemenkumham.

Seperti disampaikan Disampaikan Direktur Pengusahaan Mineral Dede I Suhendra setelah rekonsiliasi kedua ini pemerintah ESDM tidak akan menerima apapun bentuk dokumen mengenai IUP, dan tiap daerah hanya diberikan waktu 30 hari untuk menyelesaikan semua kelangkapan teknis maupun non teknis juga telah dinyatakan C and C.

"Rekonsiliasi ini selesai kita tidak menerima dokumen baru apapun alasannya, dan dalam 30 hari ini mereka harus selesaikan semua dan  kalau tidak selesai dikembalikan pada daerah dan dijadikan cadangan negara", tegas Dede ketika ditemui di kantornya siang tadi, Kamis (04/10/2012).

Selama jangka waktu 30 hari Dede mengatakan bahwa perusahaan yang sudah melalui proses klasifikasi secara spesifik dengan 27 kategori akan segera tadi ketahui permasalahannya dan bisa diputuskan permasalahnya yang bisa diselesaikan di pusat contohnya  hanya tumpang tindih dengan perusahaan yang berbeda komoditas dengan penyelesaian berupa adanya pernyataan dari perusahaan yang IUPnya terbit lebih awal itu untuk pemanfaatan lahan bersama.

"Kalau yang berat-berat misal surat yang terbit antara lintas propinsi dan lintas kabupaten dan terkait dengan batas wilayah yang belum selesai ada dari Kemendag, informasi badan geo special juga ada jadi kita bisa langsung bisa putuskan disini dengan instansi-instansi terkait yang berwenang kita undang disini ada mereka jadi permaslahan mereka kita bisa langsung putuskan, kalau tidak langsung putuskan nanti waktu 30 hari itu kita minta mereka selesaikan sendiri", jelasnya. [Ain]

KOMENTAR SERUU