Ternyata Hingga 2014, Freeport Belum Punya Rencana Bangun Smelter

Jakarta, Seruu.com -  Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B Soetjipto, Selasa (9/10/2012) mengatakn hingga 2014 nanti pihaknya belum memiliki rencana untuk membangun smelter sesuai dengan ketentuan UU Minerba no. 4 tahun 2009.  "Niat membangun smelter ada, tapi bukan di 2014," ujar Rozik.

Pemerintah sebelumnya mengeluarkan kebijakan kepada perusahaan mineral agar segera membangun smelter atau industri pemurnian paling lambat 2014. Jika hal itu tidak dilakukan maka perusahaan tersebut dilarang mengekspor material tambang dalam bentuk bahan mentah.

Sementara itu terkait tunggakan setoran dividen kepada pemerintah pihak Freeport saat ini masih menunggu keputusan dari hasil rapat umum pemegang saham (RUPS). "Bisa dibayar sekarang, atau kedepan. Kan ada permintaan untuk dibayarkan. Tapi sejauh ini belum ada pembicaraan dan ketentuannya," kata Rozik.

Hal ini terkait dengan pernyataan Freeport yang mengklaim bahwa kinerja produksinya sedang mengalami penurunan.

Meski demikian, Rozik optimis kinerja keuangan sampai dengan akhir tahun tetap lebih baik. "Harga naik (emas-red), produksi turun. Kadar kurang, tapi harga lebih baik. Tapi saya pikir harga akan naik sedikit, paling tidak diangka Rp1.600-Rp1.700 per gram," ujar Rozik.

Sampai dengan kuartal ketiga 2012, produksi emas Freeport dilaporkan mencapai 180.000 ton dengan kadar 0,06 per gram. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU