Rudi Rubiandini: Siapa Bilang Pertamina Mau Kelola Blok Mahakam
Rudi Rubiandini (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Sejak 19 April 2010 Dirut PT. Pertamina Karen Agustiawan telah menegaskan siap mengambil alih 100% pengoperasian Blok Mahakam dan juga paham akan opsi-opsi dimana ada resiko jika kontrak Total E&P tidak diperpanjang atau resiko bila kontrak tersebut diperpanjang oleh pemerintah sehingga ada skema B to B antara Total dan Pertamina.

Namun nyatanya 13 September statement ketidaksanggupan Pertamina sebagai operator muncul di media dari KESDM. Tak heran jika banyak pihak yang mengecam pernyataan pemerintah ini sebagai wujud keberpihakan pada asing.

Hari ini, Jumat (18/10/12) Rudi Rubiandini kembali melemparkan ststement yang seolah menunjukkan keraguan akan kemampuan Pertamina mengelola Blok Mahakam. Wamen ESDM menyebut kebijakan mengambil alih Blok Mahakam harus berlandaskan kepentingan negara bukan BUMN apalagi LSM, mengingat aksi Petisi Blok Mahakam Untuk Rakyat kemarin yang dilakukan depan Istana negara.

Tak hanya itu, Rudi juga menyatakan bisa saja Blok tersebut 100%, 90% atau hanya 80% dikelola Pertamina karena Pertamina juga belum memberikan statement lebih lanjut.

"Asal baik bagi negara itu yang kita laksanakan bisa 100% dikasih Pertamina,  bisa 90%, bisa 80%, kalau Pertamina bilang nggak mau, siapa bilang Pertamina mau, belum tentu mau Pertamina. Tanya ke Pertamina, coba speech lah Pertamina jangan diam-diam saja, emangnya seluruh rakyat indonesia seperti yang di gerakan tadi, ini kan untuk seluruh rakyat Indonesia berpikirnya untuk negara. Bukan pemerintah yang raih 2017 tapi negara apalagi berpikir LSM dan BUMN," papar Rudi ketika ditemui di kantor pusat PBNU, Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Rudi-pun akhirnya memeberikan contoh yang terjadi terhadap Blok Natuna yang tidak dikelola oleh Pertamina, "Coba kita lihat sendiri Natuna, Pertamina mau nggak di Natuna kenapa, jawab itu, kok bisa kerjasama orang, terus kalau di tempat lain kenapa nggak bisa. Semua bisa nggak ada yang nggak bisa di dunia ini," tandasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU