PLN Berhasil Dapatkan Pendanaan US$1 Milyar Berjangka 30 Tahun
Nur Pamudji

Jakarta, Seruu.com - Melalui penawaran obligasi yang dilakukan dengan strategi eksekusi dalam serangkaian pertemuan dengan investor global di Asia, Eropa dan Amerika. PT PLN (Persero) berhasil memperoleh pendanaan sebesar 1 miliar US dollar dari penjualan obligasi berjangka 30 tahun tanpa jaminan (unsecured). Direktur Utama PLN, Nur Pamudji menyebut keberhasilan ini sebagai bukti kembalinya PLN ke pasar modal internasional.

“Transaksi ini menandai kembalinya PLN ke pasar modal internasional menyusul penerbitan obligasi sebesar 1 miliar US dollar dengan kupon 5,500% yang diterbitkan pada bulan November 2011,” ungkap Direktur Utama PLN Nur Pamudji, Jumat (19/10/12).

Transaksi yang juga menjadi transaksi obligasi pertama PLN dengan tenor 30 tahun yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini bernilai kupon 5,25% dengan tenor 30 tahun, dan jatuh tempo pada Oktober 2042 yang diterbitkan dengan harga 98,514% atau 5,35% per tahun.

"Transaksi obligasi ini mencatatkan rekor kupon terendah baru bagi PLN untuk penawaran obligasi di pasar modal internasional. Kami  berusaha untuk memanfaatkan perolehan dana dengan tingkat bunga tetap berjangka panjang untuk belanja modal dan tujuan-tujuan umum perusahaan," tambahnya.

Penawaran transaksi obligasi PLN kali ini diterima dengan baik oleh para investor global. Bahkan pesanan dengan total nilai sekitar 11,5 miliar US dollar datang dari lebih 380 investor. Dan harga akhir mengalami pengetatan 27,5dari harga awal sebesar 5,625% yang dirilis pada hari sebelumnya.

Penawaran obligasi yang baru ini dialokasikan 45% kepada investor di Asia, 31% ke investor Amerika dan 24% ke investor Eropa. Berdasarkan jenis investor, 73% dialokasikan untuk asset/fund manager, 7% kepada perusahaan asuransi, 8% untuk bank, 9% untuk bank-bank swasta dan 3% untuk pengelolakekayaan negara dan lainnya institusi publik.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU