Badai Sandy Tekan Harga Minyak di Asia
Badai Sandy yang tertangkap oleh satelit NASA

Seruu.com -  Harga minyak memperpanjang penurunannya di perdagangan Asia pada Selasa (30/10/2012), karena mega-badai Sandy menghantam pesisir timur Amerika Serikat dan memaksa penutupan sejumlah kilang, jalan-jalan dan bandara. Badai besar membuat banjir sebagian besar kota New York dan menggempur beberapa negara bagian dengan angin kencang dan hujan deras, menewaskan setidaknya 13 orang tewas.

Badai Sandy melumpuhkan beberapa kota besar, karena membawa banjir pesisir dan badai angin kencang ke kawasan padat penduduk di pesisir timur dan badai salju ke pedalaman pegunungan.

Kontrak berjangka New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember, turun 19 sen menjadi 85,35 dolar AS per barel di perdagangan Asia sore hari.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember turun 41 sen menjadi 109,03 dolar AS.

"Pasokan bahan bakar bensin, solar dan jet ke kawasan pesisir timur AS hampir berhenti karena Badai Sandy memaksa penutupan dua pertiga dari kilang wilayah itu, saluran pipa terbesarnya, dan sebagian besar pelabuhan utama," Phillip Futures mengatakan dalam sebuah komentar pasar.

Amerika Serikat adalah negara konsumen minyak terbesar di dunia dan setiap pengurangan permintaan memiliki pengaruh pada harga.

Air laut mengalir di antara gedung pencakar langit di distrik finansial New York yang lebih rendah dari Manhattan, terowongan kereta bawah tanah dan jalan-jalan terowongan dilanda banjir serta

jaringan listrik mati, membuat lebih dari enam juta rumah tangga dalam kegelapan.

Lebih jauh ke selatan, wilayah pesisir timur yang luas terendam air laut. Di pedalaman pegunungan awan hujan deras Sandy telah bergabung dengan cuaca dingin membuang berton-ton salju di dataran yang lebih tinggi. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU