Jero Wacik Datangi London Yakinkan BP Untuk Investasi
Menteri ESDM, Jero Wacik

Jakarta, Seruu.com -  Menteri ESDM Jero Wacik menyambangi London, Inggris demi meyakinkan BP (British Petrolium) untuk berinvestasi sebesar 12 miliar USD dalam pembangunan Kilang Train-3 lapangan Tangguh dan Premier Oil yang akan melakukan investasi sebesar 700 juta USD di Indonesia. Kunjungan Wacik kali ini sekaligus mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kenegaraan sejak tanggal 31 Oktober - 02 Nopember 2012, dan sektor energi menjadi salah satu bidang yang dibahas.

Disebutkan Kepala Biro Hukum KESDM Susyanto, mengawali kunjungan kenegaraan tersebut telah dilaksanakan the 1st RI - UK Energy Dialogue pada 29 - 30 Oktober 2012 yang merupakan forum tukar menukar informasi di bidang minyak dan gas bumi, kelistrikan, mineral dan batubara, teknologi ramah lingkungan serta perencanaan energi.

"Dalam pertemuan tersebut dihasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya kesepakatan kerja sama dalam bidang energy modeling, carbon capture and storage project (CCS) dan laboratorium energi masa depan", tutur susyanto dalam informasi tertulis yang diterima Seruu.com hari ini (02/10/2012).

Tak hanya itu, pertemuan dua negara tersebut juga membahas konsep Joint of Arrangement (JoA) on Energy antara Indonesia dan Inggris, yang telah ditandatangani pada hari Kamis 01 Nopember 2012 kemarin. JoA on Energy fokus kepada isu-isu energi yang spesifik dan identifikasi peningkatkan kerjasama antar kedua negara, dan disepakati untuk melaksanakan pertemuan rutin minimal 2 tahun sekali. [Ain]

KOMENTAR SERUU