Kini PLN Kerahkan 1000 Anggota Pasukan Khusus untuk PDKB

Jakarta, Seruu.com - "Pasukan Khusus" yang terdiri dari 2 Tim PDKB Tegangan Tinggi, 5 Tim PDKB Gardu Induk dan 7 Tim PDKB Tegangan Menengah resmi dikukuhkan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji untuk  Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang baru dibentuk dilingkungan PT PLN (Persero). Ceremonial 14 Tim PDKB ini dilakukan Jumat (9/11/2012) di Unit Pendidikan dan Pelatihan PLN, Semarang, dalam rangkaian acara Konvensi PDKB tahun 2012.

Sejak pertama kali dibentuk tahun 1993 dan tersebar di seluruh unit PLN dari Aceh hingga Papua dengan total 1000 anggota dengan kompetensi yang khusus, yaitu melakukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan. Maka dengan dikukuhkannya 14 Tim PDKB tersebut, PLN saat ini telah memiliki 96 Tim PDKB.

Ketua Komite PDKB PLN, Agoes Priambodo mengungkapkan keberadaan PDKB adalah untuk membantu peningkatan kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tim PDKB dapat bekerja dalam keadaan bertegangan, yaitu aliran listrik tetap dapat disalurkan kepada pelanggan tanpa harus dipadamkam. Ini berarti pelanggan dapat terus melakukan aktifitasnya tanpa terganggu padamnya listrik dan di satu sisi PLN juga tidak kehilangan potensi pendapatannya karena listrik dapat terus disalurkan kepada pelanggan” ujar Agoes Priambodo yang juga adalah Kepala Divisi Transmisi pada Direktorat Operasi PLN Jawa Bali lewat informasi tertulis yang diterima Seruu.com (9/11/2012).

Selain pengukuhan terhadap 14 Tim PDKB baru sebelumnya telah dilakukan beberapa kegiatan, seperti : Bakti PDKB pada hari Rabu (7/11) berupa pekerjaan pada transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di tower 204 daerah pantai Glagah, Jogjakarta dan tower 255 tiang transposisi untuk transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV di Pedan – Tasik 2. Sedangkan pada hari Kamis (8/11) dilakukan pekerjaan pemeliharaan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV pada 6 lokasi yang berada di sekitar kawasan Simpang Lima, Semarang.

Dan di puncak acara Konvensi PDKB tahun 2012 yang dihadiri diikuti 400 Anggota PDKB PLN dari seluruh Indonesia, juga dilakukan pengukuhan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji sebagai Anggota Kehormatan PDKB oleh Ketua Komite PDKB PLN, Agus Priambodo. Pengukuhan Direktur Utama PLN sebagai Anggota Kehormatan PDKB ini ditandai dengan atraksi “Sentuh Langsung” pada jaringan SUTM 20 kV yang dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji.

“ Prestasi Tim PDKB dalam 5 tahun ini yang “Zero Accident”, adalah bukti dari kepatuhan para petugas akan pentingnya Keselamatan dalam Kerja. Untuk itu agar Tim PDKB terus mematuhi dan bekerja sesuai Standar Operation Procedure (SOP) yang ada serta terus meningkatkan Kompetensi Teknis yang dimiliki” ujar Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dihadapan peserta Konvensi PDKB.

Tahun 2011 lalu, kontribusi Tim PDKB secara nasional bagi kinerja PLN adalah
melakukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan sehingga saat pekerjaan berlangsung pelanggan tidak mengalami pemadaman dan mampu menyelamatkan energi yang disalurkan kepada pelanggan, baik untuk Tegangan Tinggi (TT) maupun Tegangan Menengah (TM) adalah 228 milyar rupiah. Sedangkan hingga Semester I tahun 2012, telah dilakukan pekerjaan PDKB dengan nilai penyelamatan energi yang disalurkan kepada pelanggan mencapai 650 milyar rupiah. [Ain]

KOMENTAR SERUU