Wah Pertamina EP Raih Laba Rp.14,3 Triliun

Jakarta, Seruu.com - Pada akhir September 2012 Pertamina EP berhasil meraih laba hingga Rp.14,3 triliun dengan angka produksi minyak sebesar 127,9 ribu barel per hari (MBOPD) dan gas sebesar 1.048,9 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Diakui Agus Amperianto Manager Humas Pertamina EP kinerja pada kuartal ketiga tahun 2012 ini lebih tinggi jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2011. Produksi minyak pada periode September 2011 sebesar 126,1 MBOPD, produksi gas sebesar 1.027,6 MMSCFD, dan laba bersih sebesar Rp.11,8 triliun.

Pertamina EP melakukan eksplorasi dengan menyelesaikan survey seismic 3D seluas 2.027 km2 dan seismic 2D sepanjang 538 km demi menemukan cadangan minyak baru.. Pengeboran telah menghasilkan 18 sumur yang terdiri dari 6 sumur pemboran wildcat dan 12 sumur deleniasi. Sedangkan untuk saat ini, Pertamina EP masih dalam proses pelaksanaan pemboran 3 sumur wildcat, 2 sumur deleniasi, dan 1 pemboran twin well.

Disamping itu untuk mendukung upaya optimalisasi produksi, Pertamina EP telah menyelesaikan pemboran eksploitasi sebanyak 84 sumur dan masih melakukan pemboran eksploitasi pada 13 sumur lainnya. Dan untuk sumur kerja ulang, Pertamina EP telah menyelesaikan 52 sumur dan masih melakukan kerja ulang pada 3 sumur lainnya.

"Realisasi kinerja triwulan tiga ini merupakan wujud komitmen Pertamina EP dalam menjawab tantangan penurunan produksi alamiah sebesar 18% pertahun", ujar Agus.

 Selain itu, untuk mengupayakan peningkatan produksi, Pertamina EP juga melakukan sejumlah upaya percepatan (breakthrough projects), antara lain optimalisasi produksi pada asset eksisting, melakukan percepatan pengembangan lapangan baru, memperbanyak pemboran pengembangan dan Kerja Ulang Pindah Lapisan (KUPL), reaktivasi sumur-sumur suspended, kegiatan pengurasan minyak tahap lanjut atau enhanced oil recovery (EOR), dan put on production kegiatan eksplorasi.[Ain]

KOMENTAR SERUU