Tiga Kementerian Nyatakan Pengawasan Migas Kembali ke ESDM
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa Bersama Menteri ESDM Jero Wacik (foto/ Aini Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Senada dengan yang disampaikan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yang telah mengatakan bahwa Badan Pelaksana Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) bubar sejak majelis hakim MK membacakan putusan pengujian UU nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, sedangkan seluruh fungsi regulasinya berpindah ke Kementerian ESDM.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa menyerukan hal serupa. Ia  menyampaikan agar ESDM tetap melaksanakan fungsi pengawasan yang ada di dalam industri migas, tetap jalan dan tidak boleh ada kekosongan dan tetap menjalankan fungsinya.

"MK sebagai payung hukum kami memutuskan mengeluarkan produk, agar  seluruh fungsi tetap berjalan. Kami belum selesai merapatkan dan segera merumuskan sampai detail dan teknis", kata Hatta seusai Rakor di kantor KESDM, Selasa (13/11/12).

Hatta juga mengimbau kepada ESDM juga sektor lain agar tidak ada keraguan dan fungsi tetap berjalan karena telah memiliki komitmen dalam pengelolaan, eksplorasi dan produksi dengan sasaran yang telah ditetapkan. Sementara terkait kontrak-kontrak yang telah berjalan, Hatta menyatakan tetap legal dan kegiatan eksplorasi tidak terganggu akibat putusan ini.

Lebih lanjut, Jero Wacik mengatakan dengan dikembalikannya seluruh fungsi BP Migas ke ESDM maka karyawan BP Migas diminta tenang, "kami akan membereskan malam ini dan tenangkan kontraktor asing. Keputusan MK dikembalikan ke Menteri ESDM", ucap Wacik. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU