Yakinkan Para Pemegang KKKS, Jero Wacik Gelar Pertemuan di Bali
Menteri ESDM, Jero Wacik

Denpasar, Seruu.com -  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, berupaya menyakinkan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pascabubarnya Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), agar tidak ragu-ragu dan tetap tenang karena telah berada di bawah kendalinya.

"Perusahaan jangan berhenti, saya sudah ambil alih. Saya harus memberikan keyakinan kepada stakeholder migas, para KKKS perusahaan migas baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya dalam pertemuan dengan beberapa KKKS di Kuta, Bali, Jumat (16/11/2012) malam.

Para kontraktor tersebut diantaranya perusahaan dalam negeri, seperti Medco, Indika, Efindo, dan sejumlah perusahaan luar negeri.

Menurut dia, saat ini semua proses sedang berjalan. Semua kontrak yang sudah ditandatangani dijamin tetap berjalan normal serta persiapan negosiasi maupun kontrak baru tetap berjalan karena sudah berada dalam kendali dirinya.

Ia menyakinkan bahwa tidak ada kontrak yang tidak sah karena yang dikatakan tidak konstitusional adalah BP Migas, tidak termasuk perjanjian kontrak.

Sedangkan, menurut dia, untuk kontrak baru akan ditandatangani oleh Menteri ESDM selaku Ketua Pengelola Eks-BP Migas.

Jero mengatakan, pertemuan itu merupakan salah satu langkah cepat pemerintah untuk memastikan aktivitas perusahaan minyak dan gas tetap berjalan normal meskipun BP Migas telah dibubarkan 13 November lalu.

"Pendapatan dari migas itu Rp300 triliun per tahun atau Rp1 triliun per hari. Kalau masalah itu dibiarkan, maka negara akan mengalami kerugian," katanya.

Pascadibubarkannya BP Migas oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada 13 November 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari yang sama mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang didalamnya tertuang mengenai Pengelolaan dan Pelaksanaan Pengawasan BP Migas diserahkan kepada Menteri ESDM.

Menurut Jero Wacik, terkait hal lain nantinya akan penyempurnaan dan Perpres tambahan agar aturannya lebih jelas dan kuat. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU