Hiswana : BP Migas Bubar, Indonesia Bisa Jadi Eksportir Lagi

Malang, Seruu.com - Himpunan Pengusaha Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Malang, Jawa Timur, berharap Indonesia bisa kembali menjadi eksportir bahan bakar minyak dan gas.

"Bahkan, beberapa tahun silam negara kita memiliki peran penting dalam dunia migas. Namun, kenapa dengan sumber daya alam migas melimpah, kita justru menjadi importir sekaligus penonton saja. Berarti kan ada yang salah dalam pengelolaannya," kata Ketua Hiswana Migas Malang Raya Teuku Reza Pahlevi di Malang, Sabtu (17/11/2012).

Sebelum BP Migas dibubarkan oleh Mahkamah Kosntitusi (MK), katanya, kebijakannya banyak merugikan negara dan tidak memberikan peluang pada pengusaha lokal untuk mengeksplorasi dan mengelola SDA migas dengan berbagai alasan. Eksplorasi, lanjutnya, selalu diberikan kepada pihak asing, bahkan belum lama ini BP Migas berencana membuka peluang bagi Shells untuk masuk ke wilayah Jatim dan Bali. Tidak tanggung-tanggung, ada 70 titik yang akan diberi izin.

Namun, tegasnya, akhirnya dibatalkan setelah Hiswana Migas dari berbagai provinsi mengajukan komplain ke BP Migas. "Oleh karena itu kami mendukung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membubarkan BP Migas, karena selama ini BP Migas hanya berorientasi pada asing, bukan lokal," tandasnya.

Namun, kata Teuku Reza, dengan dibubarkannya BP Migas oleh MK, bukan berarti keberadaan pengusaha swasta ini akan aman, karena masih menunggu kebijakan pemerintah selanjutnya. "Keberadaan kami (Hiswana Migas) tergantung kebijakan pemerintah ke depan. Kalau pihak asing tetap masuk dan pengusaha lokal terabaikan, ya tetap saja harapan kami agar negeri ini kembali menjadi eksportir hanya akan tinggal harapan," tegasnya. [ms]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU