Menteri ESDM Himbau Perusahaan Migas Tingkatkan CSR
Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Minimnya CSR untuk masyarakat di sekitar industri hulu migas seringkali menjadi permasalahan krusial, oleh karena itu Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan agar setiap perusahan yang beroperasi di industri hulu migas, nasional maupun asing agar memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang tentunya bisa menumbuhkan kepercayaan dan simpati dari rakyat.

"Harus lebih banyak rakyat yang dapat CSR. Untuk perusahan asing tambalah ini,  apakah itu masuk dalam cost recovery itu terserah," jelas Jero saat bertemu dengan 200 stakeholder industri hulu migas di Hotel Dharmawangsa, Senin  (19/11/2012) malam.

Ia mengakui selama ini CSR setiap perusahaan sudah berjalan namun belum seluruhnya sampai ke tangan masyarakat langsung.

"Kadang-kadang CSR sudah banyak tapi nyampenya ke masyarakat sedikit. Dimana-mana ada korupsi, CSR  aja dikorupsi! Nanti kami akan mengawal hal itu," tegas Jero.

Lebih lanjut Wacik meminta kepada  perusahan asing maupun domestik agar  membantu pemerintah menjelaskan kondisi nyata di lapangan. Sehingga cap yang diberikan selama ini bahwa pemerintah pro kepada asing dapat dihilangkan.

"Perusahan asing juga harus bantu menjelaskan kepada masyarakat, perusahan nasional juga tolong bicara banyak bahwa kedaulatan sudah dirampok asing ini tidak benar. Kita harus bekerja sama," tuturnya.

Bahkan ia menyebut bahwa setiap perusahan asing yang beroperasi di Indonesia, sangat dibutuhkan oleh pemerintah baik untuk melakukan eksploitasi, eksplorasi sampai proses produksi migas.

"Anda dapat profit, kami juga bisa dapat keuntungan. Apakah mampu semua perusahan asing pergi kita bisa mengelolanya? Tidak!  Saya pikir bukan hanya Indonesia tapi semua bangsa di dunia juga seperi itu. Intinya kerjasama," pungkas Wacik.[Ain]

KOMENTAR SERUU