Kabiro Hukum KESDM, Peraturan Pengganti Putusan MA Sudah Siap!
Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian ESDM, Susyanto (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)
Sudah kita siapin draftnya, kita sudah siap kita nunggu putusan aja - Susyanto

Jakarta, Seruu.com - Janji Direktorat Jendral Mineral dan Batubara, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk membuat peraturan baru pengganti 4 pasal dalam Permen ESDM no 7 tahun 2012 yang diputus kabul sebagian oleh Mahkamah Agung atas gugatan ANI dan APKASI pada 12 September 2012 mulai akan segera terealisasi. Pasalnya draft peraturan  pengganti tersebut sudah rampung dan siap diterbitkan hanya menunggu salinan Amar Putusan MA sampai di tangan KESDM.

"Sudah kita siapin draftnya, kita sudah siap kita nunggu putusan aja," ucap Kepala Biro Hukum Kementrian ESDM Susyanto kepada Seruu.com, Selasa (20/11/2012).

Disinggung mengenai penahanan salinan Amar Putusan MA yang diungkapkan Shelby Ihsan Ketua Umum ANI pihaknya mengaku tidak mengetahui hal tersebut, namun dipastikan meskipun ada unsur kesengajaan tidak mempublish bukanlah dari ESDM tapi dari ANI sendiri.

"Yang jelas bukan dari kita, kita tidak minta tahan dari MA, kita kan nggak tahu. Tanya pada MA dong kalau memang nahan, kita nggak akan berusaha untuk nahan,"kata Susyanto.

Susyanto memastikan langkah pertama yang akan ditempuh pasca dikirimkan salinan Amar Putusan adalah pengajuan surat keberatan kepada MA berdasar UU tentang  MK No 24 tahun 2003 pasal 55. Ia-pun menekankan meski target surat keberatan belum diketahui, namun selama salinan belum sampai di ESDM maka selama itu juga putusan MA dianggap tidak ada.

"Itu akan kami tempuh kalau sudah ada putusan resmi, kita akan minta keberatan pada MA berdasar UU no 24 tahun 2003 tentang MK. Karena resminya belum kita pegang, konfirmasi ke MA nggak perlu kita tunggu, kita anggap putusan itu nggak ada sampai sekarang," tegasnya. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU