Kabupaten Langkat Miliki 3.000 Ribu Sumur Minyak Ilegal

Langkat, Seruu.Com - Sekitar 3.000 sumur minyak ilegal berada di kawasan Padang Tualang dan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Setiap hari banyak masyarakat melakukan penambangan minyak di kawasan tersebut.

"Ini sangat mengkhawatirkan bila tidak diawasi secara ketat," kata salah seorang warga, Muhammad Nur, di Padang Tualang, Jumat (23/11).

Ia prihatin karena penambangan dilakukan secara ilegal, tanpa memperdulikan keselamatan pekerja maupun masyarakat banyak. Bila dibiarkan, akan berakibat fatal. "Perlu diambil langkah tegas untuk menertibkan penambangan minyak liar yang ada di kawasan tersebut," ujarnya.

Nur juga mengungkapkan bahwa dari 3.000 sumur yang dibuka oleh masyarakat setempat menghasilkan 70 ton minyak per hari. Pihaknya tidak mengetahui secara pasti kemana saja minyak hasil penambangan ilegal itu dijual.

Yang ia khawatirkan, bila penambangan ilegal tersebut dibiarkan akan terjadi bencana besar yang berakibat kepada masyarakat secara luas. Sebab, di sekitar sumur minyak terdapat limbah berserakan, lingkungan yang tidak tertata, bahkan bisa menyebabkan kebakaran. Karena minyak tersebut tidak diolah secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan. [ant]

KOMENTAR SERUU