Wacik Optimis Penerimaan Negara Dari Sektor Hulu Migas Terlampaui
Jero Wacik (Kedua dari kanan) bersanding bersama Dahlan Iskan dalam acara jumpa pers di Jakarta belum lama ini (Foto: Nurul Ainiyah/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SK Migas), Jero Wacik menyatakan pihaknya optimis target penerimaan negara dari sektor hulu migas, yang ditetapkan pemerintah dan DPR, akan terlampaui tahun ini.

Jero menjelaskan, penerimaan bruto negara dari industri Hulu Migas pada akhir tahun 2012 nanti diperkirakan sebesar 62,243 miliar dolar AS.

"Dari jumlah tersebut, sebesar 35,97 miliar dolar AS akan menjadi hak negara, atau 58 persen dari gross," kata Jero dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/11/2012).

Ia melanjutkan, Kontraktor KKS (Kontrak Kerja Sama), akan mendapatkan hasil sebesar 10,608 miliar dolar AS, atau 17 persen dari total pendapatan tersebut.

"Apabila itu tercapai, maka pencapaian sektor hulu Migas akan mampu memenuhi target penerimaan dari pemerintah sebesar 107 persen dari target APBNP," ucapnya.

Lain itu, ia menambahkan, dalam rangka melakukan penghematan, ia juga menginstruksikan agar SK Migas merubah aturan dan budaya organisasi yang dinilai sebagian stakeholders tidak bagus. Tujuannya adalah untuk peningkatan citra. Jero pun meminta mereka melakukan upaya penghematan agar tidak di cap boros.

SK Migas pun, lanjut mantan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan ini mengatakan, merespon dengan cepat, yakni dengan cara menurunkan standar fasilitas kedinasan dan penghematan lain. Misalnya menurunkan standar mobil dinas pejabat, menurunkan standar fasilitas perjalanan dinas baik menyangkut akomodasi maupun tiket.

"Serta mengusahakan agar semua 'inhouse training' dilakukan di dalam kantor. Saya rasa ini perlu diapresiasi oleh kita semua karena akan menghasilkan penghematan sekitar Rp60 miliar per tahun," demikian Jero. [Wish]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU