Pertambangan Ilegal di Babel Akan Ditertibkan
Ilustrasi (Istimewa)

Toboali, Bangka Selatan, Seruu.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung akan melakukan penertiban pertambangan timah ilegal untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan akibat pertambangan.

"Pertambangan timah ilegal di Babel cukup memprihatinkan, karena para pelaku pertambangan hanya mengambil kandungan timah dan tanpa melakukan reklamasi pertambangan, sehingga banyak lingkungan bekas pertambangan menjadi rusak dan sangat memperihatinkan," Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Bangka Selatan, Hatamarsyid didampingi Staf Bidang Kehutanan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Bangka Selatan, Sudarlin di Toboali, Jumat (30/11/2012).

Ia mengatakan, dalam melakukan penertiban pertambangan ilegal di kawasan hutan lindung tersebut pemerintah melibatkan satuan pengamanan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi Kehutanan.

Pemerintah secara rutin melakukan sidak ke lapangan terutama di daerah rawan terjadinya pertambangan dalam skala besar.

Saat ini, kata Hatamarsyid, pertambangan ilegal dalam skala besar khusus untuk di Bangka Selatan sudah bersih, karena Kepolisian Daerah (Polda) Babel sudah menertibkannya.

"Untuk sementara tidak ada informasi ataupun pelaku pertambangan ilegal dalam skala besar yang berani beroperasi di kawasan hutan lindung Bangka Selatan," katanya.

Akan tetapi, untuk pertambangan kecil yang masih menggunakan alat-alat tradisional diakuinya masih beroperasi secara tersebunyi.

"Pemerintah tidak bisa memantaunya secara rutin dalam kurun waktu 24 jam penuh di semua wilayah Bangka Selatan yang sangat luas ini," katanya.[ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU