Meski Terus Dikecam DPR,Kementrian ESDM Tetap Minta Tambahan Kuota BBM
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (Tengah) (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Ramai disinggung seringnya meminta tambahan kuota BBM subsidi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memaparkan alasan penambahan kuota dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI.

Menurut Wacik penambahan kuota BBM bersubsidi, karena pertama berdasarkan data dari Gaikindo jumlah penjualan mobil periode Januari - Oktober 2012 mencapai angka 923.132 unit dan diproyeksikan sampai dengan Desember akan mencapai 1.050.000 unit, melebihi perkiraan awal sebsar 940.000 unit.

Kedua, tingginya disparitas harga antara produk premium dengan produk BBM Non PSO (pertamax) akibat masih tingginya harga minyah mentah dunia. Ketiga, program pengaturan BBM bersubsidi yang telah dijalankan belum sepenuhnya berhasil. Dan keempat, pengetatan kuota di beberapa daerah mendapat reaksi negatif dari masyarakat dan menimbulkan panic buying.

"Pada September - Oktober disparitas harga mencapai Rp5.400/liter, akibatnya kendaraan pribadi masih menggunakan premium," ujar Wacik di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (3/12/12).

Wacik menyebutkan estimasi realisasi BBM Subsidi per Januari - Desember 2012 sebesar 45,27 juta KL diantaranya, Premium 28,34 juta KL, Minyak Tanah 1,20 juta KL dan Solar 15,73 juta KL. Dengan estimasi realisasi tersebut maka pihaknya menyatakan saat ini telah mengalami defisit sebesar 1,23 juta KL diantaranya untuk Premium 0,05 juta KL, Minyak Tanah 0,00 dan Solar 0,73 juta.

Akibat adanya defisit ini, Jero Wacik pagi tadi mengajukan surat untuk penambahan kuota BBM subsidi sebesar 1,2 juta kilo liter atau setara dengan angka Rp5-6 triliun.

"Kita minta diagendakan, kalau setuju DPR-nya ya kita agendakan hari ini terkait penambahan kuota BBM subsidi karena untuk rakyat harus ngebut. Stoknya masih ada sisa sampai 13 Desember premiumnya, solarnya sampai 23 Desember. Tapi kita kan nggak boleh berspekulasi kalau untuk rakyat, harus siap. Kalau diagendakan hari ya syukur, kalau nggak ya kita minta diagendakan pada hari lain," kata Wacik. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU