ExxonMobil Memberdayakan Pengusaha Perempuan melalui Teknologi
Foto Ilustrasi

Jakarta, Seruu.com - ExxonMobil Foundation, bekerja sama dengan Cherie Blair Foundation for Women (CBFW)  meluncurkan aplikasi telepon genggam terbaru bernama Usaha Wanita, yang merupakan bagian dari serangkaian program yang ditujukan untuk mewujudkan ide bahwa teknologi mampu membantu pengusaha perempuan untuk bertumbuh, berkembang, dan mengelola bisnis dengan lebih efektif.

ExxonMobil Foundation telah memberikan dukungan finansial sebesar US$1,5 juta kepada CBFW untuk mengadakan penelitian sekaligus pengembangan jasa aplikasi telepon genggam, yang nantinya akan membantu mendukung pelatihan kemampuan dasar bisnis bagi perempuan di Indonesia.

“Pengusaha perempuan di negara berkembang menghadapi berbagai rintangan untuk membangun bisnis mereka karena kurangnya akses terhadap sumber daya yang terjangkau, saluran pemasaran, serta pelatihan,” ungkap Cherie Blair, pendiri CBFW dalam siaran persnya, Kamis (6/12/2012).

“Pengembangan aplikasi berbasis telepon genggam ini memungkinan pengusaha untuk mengakses tips yang melalui telepon genggam mereka, yang diharapkan dapat memperluas kesempatan mereka di bidang ekonomi dan bisnis,” tambahnya.

Jasa ini akan menyediakan aplikasi telepon genggam yang sesuai dengan kebutuhan pengusaha perempuan, sebagaimana diungkapkan hasil studi yang berjudul Mobile Value Added Services: A Business Growth Opportunity for Women Entrepreneurs. Studi ini menyimpulkan bahwa penggunaan telepon genggam yang kian meningkat di negara berkembang menciptakan kesempatan yang signifikan bagi pengusaha perempuan untuk mengembangkan usaha mikro mereka.

“Kami telah menjalin kolaborasi dengan Cherie Blair Foundation for Women untuk membantu mengembangkan pengertian kami mengenai bagaimana teknologi dapat mendukung pengusaha perempuan,” papar Suzanne M. McCarron, President of ExxonMobil Foundation. “Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada ketimpangan gender bagi perempuan dalam mengakses teknologi pada telepon genggam. Walaupun begitu, ketika perempuan bisa menggunakan teknologi ini, maka teknologi tersebut akan berperan besar dalam menciptakan perbaikan dalam kehidupan mereka.”

ExxonMobil telah berinvestasi pada teknologi untuk perempuan di Indonesia selama beberapa tahun. Sejak tahun 2010, perusahaan telah mendukung program yang dibuat oleh Kopernik, yang memberikan pelatihan teknologi, penjualan produk, kemampuan pemasaran, kemampuan dasar akuntansi, serta pengetahuan atas produk yang komprehensif, yang kesemuanya ditujukan bagi perempuan. Para perempuan tersebut kemudian menerima produk secara konsinyasi tanpa harus memiliki modal awal ataupun membayar bunga, serta menjualnya untuk mendapatkan komisi (bagi hasil).

Para perempuan yang tergabung dalam program tersebut telah mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan komisi (bagi hasil) dengan menjual 500 produk inovatif yang bervariasi kepada lebih dari 20 desa di Kabupaten Bojonegoro, tidak jauh dari tempat Mobil Cepu Ltd., salah satu afiliasi ExxonMobil di Indonesia, beroperasi. Program ini kini menjangkau perempuan di Nusa Tenggara Barat dan Timur.

“ExxonMobil, bersama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dan yayasan rekanan, telah berusaha dengan aktif untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat di Indonesia,” ucap Richard Owen, President and General Manager, Afiliasi ExxonMobil di Indonesia. “Kami mendukung berbagai inisiatif yang berfokus pada pengembangan kesehatan, pendidikan, juga pemberdayaan eknonomi bagi wanita dan perempuan.”

Selama tujuh tahun, ExxonMobil telah mengontribusikan lebih dari US$50 juta untuk menciptakan kesempatan ekonomi bagi perempuan di berbagai kawasan dunia. [ain/irm]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU