BPS Catat Ekspor Migas Kaltim Terbesar ke Jepang
Ilustrasi (Istimewa)

Samarinda, Seruu.com - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur mencatat ekspor minyak dan gas terbesar periode Januari-September 2012 dari daerah itu adalah ke Jepang dengan nilai 5,62 miliar dolar AS.

"Selain mengekspor migas, Kaltim juga mengekspor komoditas non migas ke Jepang dengan nilai 1,74 miliar dolar AS sehingga total nilai ekspor Kaltim ke Jepang pada periode itu mencapai 7,35 miliar dolar AS," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur (Kaltim) Johny Anwar di Samarinda, Sabtu (08/12/2012).

Menempati posisi kedua negara tujuan ekspor untuk Kaltim adalah Korea Selatan dengan nilai 4,0 miliar dolar. Nilai sebesar itu didapat dari dua jenis komoditas yakni komoditas migas senilai 2,32 miliar dolar AS dan komiditi non migas sebesar 1,68 miliar dolar AS.

Berikutnya adalah ekspor ke China dengan nilai 3,60 miliar dolar AS. Terdiri ekspor migas sebesar 5,15 juta dolar AS dan ekspor non migas senilai 3,59 miliar dolar AS.

Berada di posisi keempat terbesar adalah ekspor ke Taiwan dengan nilai 2,83 miliar dolar AS. Terdiri ekspor migas sebesar 1,50 miliar dolar AS dan ekspor non migas senilai 1,33 miliar dolar AS.

Selanjutnya berada di posisi lima besar sebagai negara tujuan ekspor untuk Kaltim adalah India dengan nilai 2,35 miliar dolar AS. Ekspor ke India tersebut tidak ada ekspor migas, namun semuanya adalah ekspor non migas.

Ekspor non migas Kaltim terdiri dari berbagai jenis komoditas antara lain bahan kimia anorganik, bahan kimia organik, kayu dan barang-barang dari kayu, pupuk, lemak dan minyak hewani atau nabati, ikan, krustesea, dan vertebrata air lain.

Total nilai ekspor non migas Kaltim dalam periode Januari- September 2012 sebesar 13,71 miliar dolar AS. Rinciannya antara lain ekspor bahan kimia anorganik senilai 329,79 juta dolar AS, ekspor kayu dan barang-barang dari kayu senilai 307,35 juta dolar AS.

Kemudian ekspor pupuk sebesar 303,64 juta dolar AS, ekspor lemak dan minyak hewani atau nabatai senilai 223,89 juta dolar AS, ekspor bahan kimia organik 112,60 juta dolar AS, ekspor ikan dan krustesea, serta vertebrata air lain sebesar 54,78 juta dolar AS. [ant]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU