Hatta: Freeport Sepakat Royalti Diatas 3%, Tapi Saya Ingin Dinaikkan!
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa memberi keterangan kepada wartawan usai pertemuan bersama Menteri Perekonomian Slovakia di Jakarta, Senin (10/12/12) (Foto: Ain/Seruu.com)
PP Pemerintah kita 3% tapi saya selalu negosiasinya kita untuk lebih, dan dia sudah diatas itu (kata Rozik 3,75% - Red) tapi diatas itu lagi saya inginnya - Hatta Rajasa

Jakarta, Seruu.com – Meski disampaikan Presiden Direktur PT Freeport Rozik B Soetjipto ketika ditemui Jumat (7/12/2012) bahwa pihaknya telah menyetujui royalti untuk emas sesuai pada Peraturan Pemerintah (PP) No.45/2003 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku, royalti emas ditetapkan sebesar 3,75% dari harga jual kali tonase namun belum ada persetujuan dari pemerintah apakah royalti yang diusulkan tersebut bisa diterima atau tidak.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa saat dikonfirmasi seusai pertemuan bersama Menteri Perekonomian Slovakia di Jakarta, Senin (10/12/12), membenarkan ucapan Presdir Freeport tersebut namun ia menegaskan kini tengah berupaya untuk mendapatkan royalti diatas dari yang disepakati pihak Freeport.

“PP Pemerintah kita 3% tapi saya selalu negosiasinya kita untuk lebih, dan dia sudah diatas itu (kata Rozik 3,75% - Red) tapi diatas itu lagi saya inginnya,” kata Hatta ketika ditemui di Jakarta, Senin (10/12/12).

Disinggung target tuntasnya renegosiasi kontrak karya, Hatta yang juga sebagai Ketua Tim Renegosiasi berdalih akan tidak mungkin dirampungkan tahun ini. Namun pihaknya juga tidak memberikan jawaban pasti kapan renegosiasi akan benar-benar akan diselesaikan. Bahkan untuk progress bebrapa poin yang telah disepakati oleh kontraktor, Hatta berkata untuk tidak mengumbar-umbar renegosiasi.

“Renegosiasi jangan diumbar-umbar, saya bekerja sebanyak-banyaknya untuk kepentingan nasional. Target untuk tahun ini nggak mungkin kan tinggal beberapa hari lagi, sabarlah, intinya kita untuk kepentingan nasional kita dan juga untuk menjaga kesinambungan satu usaha tapi juga pemerintah maximize untuk pendapatan negara”, jelasnya.

Hal serupa beberapa minggu lalu dikemukakan oleh Dirjen Mineral dan Batubara KESDM Thamrin Sihite saat dikonfirmasi progres renegosiasi kontrak karya, ia mengungkapkan belum ada kemajuan yang signifikan. Dan dengan Freeport sudah ada sedikit kemajuan meski tidak disampaikan secara gambling apa saja kemajuan itu.

“Ada kemajuan misalnya royalti tadinya 1% sekarang mereka sudah maulah bisa naik, tentu pemerintah ingin tinggi tapi kita juga harus perhatikan kalau dia nggak untung, nggak mungkin dia berusaha. Kita lihat keekonomiannya, jangan sampai dengan kebijakan kita dia nggak untung dan dia pergi susah juga, ini perlu win win solusi,” jelasnya, Rabu (28/11/12). [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU