Bentuk Zona Integritas, Wacik Ingatkan PNS Agar Hindari Tipikor
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Kementerian ESDM (Aini/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Maraknya pencopotan juga penangkapan terhadap yang terjadi di kalangan pemerintahan akhir-akhir ini seolah menginisiasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Kementerian ESDM.

Diungkapkan Wacik, pembangunan zona integritas ini akan mengandung nilai tinggi dalam artian ESDM sudah berkomitmen memerangi adanya tindak pidana korupsi khususnya dalam KESDM sendiri. Wacik-pun tak segan mengingatkan kepada seluruh PNS agar jangan sampai terjerat tipikor yang akan menghancurkan karier juga reputasi keluarga PNS.

"Saya ingatkan jangan sampai karier anda rusak karena korupsi, akan sedih kluarga anda bila kena korupsi, hati-hati dan hindari hal-hal ke arah korupsi. Komitmen pimpinan dan yang penting adalah niat juga doa pada Tuhan mudah-mudahan kita diselamatkan dari korupsi", kata Wacik dalam pidatonya di lobi KESDM, Jumat (14/12/2012).

Wacik menjelaskan, saat ini para pemimpin harus melakukan keputusan lebih cepat karena masyarakat butuh cepat, maka pihaknya meminta jika seumpama ada tender yang meragukan segera mendatangi atau mengundang BPKP sehingga cepat  diputuskan.

"Korupsi urusannya tidak mengenakkan, tapi kita harus ambil keputusan karena kalau tidak ambil keputusan rakyat tidak dapat apa-apa, disini letak keselamatan. Memang akan mudah hindari korupsi bila tidak ambil keputusan, kalau niatnya memang salah berapapun aturan yang dibuat Menpam pasti akan dicari celah-celah. Mari kita jaga zona integritas agar ESDM selamat dari korupsi", himbau Wacik.

Menteri sekaligus Politisi Partai Demokrat tersebut mengatakan, saat ini sebanyak 98% PNS Kementerian ESDM telah menandatangani pakta integritas dari total jumlah pegawai 5.579, sisanya masih terdapat 2% yang belum menandatangani dikarenakan tugas belajar dan bekerja diluar instansi induk. Bahkan disebutkan dalam dua tahun terakhir ini, dalam hasil pemeriksaan keuangan oleh BPK adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"berdasarkan LAKIP oleh Kementerian PAN RB sejak tahun 2008 sampai dengan 2011, ESDM juga mendapat nilai B," tutupnya. [Ain]

KOMENTAR SERUU