Pertamina Tandatangani MoU Pasokan Gas untuk Pupuk Sriwidjaja
ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Demi upaya menjaga keamanan pasokan gas untuk kebutuhan domestik khususnya bagi industri pupuk dan pembangkit listrik di Indonesia. PT Pertamina EP menandatangani Perubahan dan Pernyataan Kembali  Perjanjian Jual Beli Gas dengan PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) Palembang dan Perjanjian Jual Beli Gas dengan PT PLN Tarakan di Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Dijelaskan Agus Amperianto, Manager Humas Pertamina EP Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara Pertamina dengan PT Pupuk Sriwidajaya (PUSRI) yang diteken sejak tahun 1994 sudah beberapa kali mengalami addendum. Sedangkan sejarah Perjanjian Jual Beli Gas antara PT Pertamina EP dengan PUSRI dimulai sejak tahun 2007 dan masih berlanjut hingga saat ini.

"Dengan Perubahan dan Pernyataan Kembali Perjanjian Jual Beli Gas antara Pertamina EP dengan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, maka Pertamina EP akan memasok gas sebesar 166 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dalam periode 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2017 dengan Jumlah Kontrak Keseluruhan sebesar 286.350 juta standar kaki kubik (MMSCF),"terang Agus.

Pasokan gas untuk PUSRI ini akan disalurkan dari lapangan-lapangan Pertamina EP di area Sumatera Selatan dengan titik penyerahan pada plant gate pabrik Pupuk Sriwidjaja Palembang. Sementara itu, Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara PT Pertamina EP dengan PT  PLN Tarakan ditujukan untuk mengatasi krisis kelistrikan di Kota Tarakan yang sudah dideklarasikan oleh Pemerintah Daerah setempat dan PT PLN Tarakan.

"PT Pertamina EP melakukan usaha khusus dengan melakukan relokasi kompresor dari Lapangan Gas Tapus dan Lembak di Sumatera Selatan untuk memastikan penyaluran gas kepada PT PLN Tarakan sejak 1 Juli 2012 hingga 31 Desember 2015 dengan realisasi penyaluran harian saat ini sebesar  2 sampai 4 juta standar kaki kubik per hari  (MMSCFD) dan Jumlah Kontrak Keseluruhan sebesar 2.558 juta standar kaki kubik (MMSCF),"jelasnya.

Pasokan gas untuk PLN Tarakan tersebut disalurkan dari lapangan Bunyu Kalimantan Timur dengan titik penyerahan pada plant gate PLN Gunung Belah dan plant gate PLN Kampung Satu, Kota Tarakan, Kalimantan Timur. Perjanjian Jual Beli Gas ini merupakan wujud dukungan Pertamina EP dalam memenuhi kebutuhan gas untuk konsumen dalam negeri, khususnya industri pupuk dan pembangkit listrik, yang berdampak positif terhadap ketahanan pangan dan perekonomian.

"Komitmen ini merupakan bagian dari tata nilai Pertamina yaitu Clean, Confident, Customer Focused, Commercial & Capable dengan senantiasa mengedepankan aspek Good Governance dan Health Safety and Environment," tutup Agus.[Ain].

 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU