Tak Ditangani ESDM, Pertamina Punya Target Realisasi Konversi Gas 2013
Vice President Gas Rescources and Subsidiary Management Pertamina Jarwo Sanyoto (Dok.Seruu.com)
Untuk mendukung program pemerintah tersebut, Pertamina telah membangun 1 SPBG di Daan Mogot dengan kapasitas 1 MMSCFD dan telah diresmikan pada tanggal 6 Desember 2012 - Jarwo Sanyoto

Jakarta, Seruu.com – Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini pada akhir Desember lalu mengungkapkan, bahwa tahun ini  program konversi BBM ke BBG tak lagi ditangani Kementerian ESDM tapi ditangani oleh Kementerian Perindustrian, terutama dalam pengadaan converter kit. Rudi menjelaskan, gagalnya realisasi konversi pada tahun 2012 oleh kementeriannya karena anggaran program pengendalian BBM subsidi ini hanya sebesar Rp 1,8 triliun saja.

Meskipun demikian, PT Pertamina (Persero) optimis untuk tahun 2013 dari anggaran Pemerintah dalam APBN 2013 dengan nilai Rp 474.85 Milyar tetap melaksanakan konversi BBM ke BBG.

“Anggaran itu untuk pembangunan 1 Mother Station, 5 MRU (Mobile Refueling Unit), dan 5 SPBG online (termasuk 3 SPBG online yang direncanakan dibangun pada tahun 2012),” kata  Vice President Gas Rescources and Subsidiary Management Pertamina Jarwo Sanyoto ketika dihubungi Seruu.com, Sabtu (05/01/2013).

Jarwo memaparkan Progress Konversi gas 2012 sesuai dengan program pemerintah untuk diversifikasi BBM ke BBG yang awalnya akan disiapkan APBN dengan nilai Rp 2,04  Trilyun dan digunakan untuk pembangunan SPBG di Jabodetabek, Surabaya dan sekitarnya serta Cilegon dengan jumlah 33 unit SPBG, Daughter station, Mother station dan MRU. Namun terlaksana karena adanya kendala APBN.

“Untuk mendukung program pemerintah tersebut, Pertamina telah membangun 1 SPBG di Daan Mogot dengan kapasitas 1 MMSCFD dan telah diresmikan pada tanggal 6 Desember 2012,” tuturnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU