Cegah Renegosiasi KK Jadi Transaksi, DPR Akan Bentuk Panja Gabungan
Aria Bima (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com – Kecurigaan Wakil Anggota Komisi XI DPR RI Aria Bima menjelang 2014 dengan semakin gencarnya politik luar negeri dalam memanfaatkan personal maupun partai untuk untuk mendominasi penguasaan SDA nasional. Dengan tujuan asing dalam hal ini yang ia nilai hanya didasari hasrat adanya feedback penguasaan SDA dalam kontrak-kontrak di beberapa sektor strategis seperti Migas dan Minerba, seperti kontrak karya akan terlihat dari hubungan yang saling ketergantungan diantara keduanya.

Aria menjelaskan, mereka akan saling menjalin simbiose dalam artian pihak dalam butuh modal dan pihak luar (asing-red) butuh penguatan, “Kan tahun 2014 nanti mereka tidak mau loose atau tidak punya pengaruh dalam pembentukan, khususnya dalam Kementrian Perekonomian kita. Mereka saling bimbing, mereka komprador-komprador (penghianat) yang baru dicari akan bermain pada konsep politik 2014,” tegas Aria  kepada Seruu.com, Sabtu (5/1/2013) lalu.

Yang harus dicatat menurutnya, kepentingan-kepentingan asing juga mencari formulasi bagaimana agar bisa kuat di tahun 2014 lewat saluran bertindak orang maupun partai politik dan itu yang ditransaksikan mulai sekarang.

“Siapa yang pro dan kontra terhadap KK yang ingin diperpanjang, itu harus kita curiagai mulai dari person ke person, DPR sampai Pemerintahan yang menyetujui kontrak asing, yang memberikan penguatan terhadap asing,”kata Aria.

Sebagai anggota DPR yang mempunyai fungsi pengawasan terhadap kinerja pemerintah inilah langkah yang akan ditempuh dalam waktu dekat ini, “Kita bikin Panja (panitia kerja) gabungan, kita usulkan pada pimpinan DPR. Komisi VII, IX dan VI mengevaluasi lagi seluruh preposisi kepentingan nasional dalam kepentingan kontrak karya yang mau habis dan sudah habis. Besok setelah tanggal 7 akan diusulkan, kita 3 bulan besok masa sidang kita cukup panjang, itu harus menjadi salah satu agenda DPR bukan komisi lagi,” ucapnya lantang.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU